Genera Unggulan Bangsa

Oleh: Clarissa Nathanael Taufiek | PPTI 11 |  2502040940

Pemuda Indonesia bukanlah sembarang pemuda namun, generasi muda yang memiliki budi yang baik, peduli dengan sekitar, dan menjunjung tinggi kebenaran. Pemuda yang tidak mengenal kata patah semangat di mana keuletan dan keberanian menjadi salah satu senjata nya dalam bertempur melawan perkembangan zaman.

Kita tahu bahwa pemuda-pemudi Indonesia memiliki segudang prestasi. Perjuangan bangsa yang selalu diteruskan oleh generasi muda sejak masa perjuangan kemerdekaan, terasa sangat nyata dan dapat kita lihat di sekitar kita. Kekuatan, keterampilan dan perjuangan pemuda-pemudi mampu mengguncang dunia. Banyak generasi muda yang meraih prestasi di bidangnya masing-masing, seperti pada bidang olahraga, kesenian, pendidikan, teknologi dan lain-lain. Prestasi-prestasi tersebut bukan saja menjadi kebanggaan diri sendiri, namun juga turut berpartisipasi dalam mengharumkan nama bangsa. Tidak jarang kita melihat banyak orang-orang muda yang berpengaruh pada berlangsungnya kehidupan di tanah air ini, seperti seorang youtuber, selebgram, atlet, penyanyi, dan profesi lainnya yang rata-rata berisi kan orang muda. Salah satu peran pemuda yang terasa nyata yaitu para atlet yang mengharumkan nama bangsa dengan bertanding pada kejuaraan dunia dan liga-liga lainnya.

Prestasi memanglah sebuah hal yang dibanggakan dan yang terlihat oleh banyak orang. Namun, yang dimaksud generasi unggulan bangsa tidak serta merta harus memiliki berbagai penghargaan, berbagai piala, berbagai jabatan, melainkan ketulusan dan perbuatan baik lah yang ditanyakan. Tidak ada gunanya prestasi tinggi dan pencapaian yang menyumbang berbagai piala apabila tidak memiliki sikap peduli pada sekitar dan tidak berbudi baik. Yang belum mendapatkan gelar, juara, dan lain – lain bukan berarti tidak berpartisipasi dalam semangat perjuangan pemuda. Pemuda bisa menjadi teladan dan contoh yang baik di masyarakat dengan perbuatan baik dan kepeduliannya. Akan lebih baik jika menjadi bagian dalam suatu organisasi, namun tidak memungkiri bahwa perbuatan baik apapun bisa menjadi contoh yang mahal harganya. Di tempat umum pun sering kita jumpai peran besar dari generasi muda. Contohnya di tempat umum seperti di dalam kereta, terlihat jelas peran pemuda ketika seorang pemuda mempersilahkan orang yang lebih tua untuk menduduki kursi yang sebelumnya adalah tempatnya karena kepeduliannya yang tinggi. Perbuatan baik yang tidak selalu terekam oleh kamera, tidak selalu diperlihatkan secara gamblang, menjadi suatu perbuatan yang berkesan di hati dan sebanding dengan berbagai piala yang ada di dunia.

Memperingati hari Sumpah Pemuda, sebagai generasi muda kita harus berkaca pada diri sendiri. Kita bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Isi dari Sumpah Pemuda tersebut mendorong kita untuk terus memperjuangkan semangat dan cinta tanah air melalui berbagai perbuatan baik dan menjadi generasi unggulan bangsa. Kita dapat memperjuangkan kemajuan bangsa dengan menyumbang prestasi untuk bangsa kita, menjadi teladan bagi semua generasi, dan menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan budi yang baik.

Clarissa Nathanael Taufiek