Fakta Unik Mengenai Sumpah Pemuda

Oleh : Ryan Reeves | 2502051446 |  PPTI 11

Semua orang pasti pernah mendengar atau bahkan mengetahui tentang sumpah pemuda, jika tidak pernah mendengar mengenai sumpah pemuda orang tersebut bukanlah warga negara Indonesia yang baik karena tidak mengetahui sejarah Indonesia sendiri. Hari sumpah pemuda tersebut sendiri diperingati setiap tanggal 28 Oktober ini, Sumpah pemuda ini juga merupakan salah satu momentum yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia dikarenakan sumpah pemuda menjadi puncak pergerakan nasional, yang merupakan hasil dari gagasan pemikiran dari kongres pemuda II yang diselenggarakan pada 27 – 28 Oktober 1928.

Sumpah tersebut sendiri adalah ikrar para pemuda pemudi yang menyatakan bahwa mereka mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Pemuda menjadi salah satu tonggak utama sebagai pergerakan kemerdekaan Indonesia. Karena hal itulah yang menyebabkan sumpah pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita citanya berdiri negara Indonesia. Berikut adalah fakta fakta unik dan menarik mengenai sumpah pemuda tersebut sendiri.

1) Awalnya tidak Bernama “Sumpah Pemuda”

Pada saat kongres sumpah pemuda tersebut berlangsung, rumusan yang ditulis sendiri oleh Mohammad Yamin itu tidak disebut dengan Sumpah Pemuda. Meski telah dibacakan oleh para pemuda pemuda pada kongres tersebut, rumusan ikrar tersebut tidak memiliki nama atau judul tertentu yang menggambarkan penyuaraaan tersebut.

Istilah yang kita ketahui sekarang yaitu sumpah pemuda baru muncul setelah kongres berlangsung selama beberapa hari. Akan tetapi , peringatan sumpah pemuda tetap didasarkan pada tanggal pembacaan ikrar, yakni 28 oktober.

2) Diikrarkan di rumah Tionghoa

Peranan pemuda pemuda dan orang orang muda yang keturunan tionghoa memiliki peran yang cukup besar dalam kongres pemuda II. Bahkan, Gedung yang digunakan untuk membacakan sumpah pemuda merupakan asrama pelajar milik peranakan cina Bernama Sie Kok Liang. Beberapa orang perwakilan pemuda peranakan tionghoa hadir di kongres pemuda II dan turut mengikrarkan dan mengucapkan sumpah pemuda.

Gedung tersebut yang beralamatkan pada Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat. Sekarang diabadikan sebagai cagar budaya dan  dijadikan sebagai museum Sumpah Pemuda. Hingga saat ini museum tersebut dapat dikunjungi untuk mempelajari berbagai macam sejarah yang terdapat pada sumpah pemuda tersebut.

3) Lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan

Dalam kongres pemuda II di Batavia pada 28 oktober 1928, lagu Indonesia Raya untuk pertama kali dinyanyikan dan diperdengarkan ke rakyat yang menghadiri kongres pemuda tersebut. Wage Rudolf Supratman memainkan lagu ciptaannya itu di depan kongres dengan gesekan biolanya.

Setelah selesai memainkan lagu Indonesia Raya yang nantinya menjadi lagu kebangsaan Indonesia dan setelah melalui banyak diskusi dan lainnya akhirnya lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan beberapa perubahan lirik demi keamanan kongres karena kongres tersebut diawasi oleh apparat colonial Hindia Belanda. Dimana kata merdeka pada lagu tersebut dihilangkan dan diganti dengan kata mulia.

4) Ada pemuda Wanita yang ikut membantu lahirnya Sumpah Pemuda

Selama ini yang kita ketahui bahwa yang ikut serta dan berpartipisasi dalam kongres pemuda dalam menciptakan sumpah pemuda adalah pemuda pemuda laki laki. Dan faktanya ternyata tidak hanya laki laki melainkan terdapat Wanita juga yang ikut serta membantu dalam kongres pemuda tersebut.

Namun pemudi atau Wanita yang ikut serta dalam sumpah pemuda tersebut dapat dikatakan hanya sedikit saja dari total 700 pemuda yang ikut serta dalam kongres pemuda tersebut hanya 82 orang yang tercatat secara resmi dan diantaranya terdapat 6 orang Wanita yang merupakan jumlah yang sangat sedikit.

5) Naskah Sumpah Pemuda ditulis oleh satu orang saja

Mohammad Yamin yang merupakan sekretaris dari kongres pemuda juga turut mengikuti kongres marathon yang digelar pada 27 – 28 Oktober 1928. Yamin sendiri memiliki tugas untuk meramu dan merapihkan struktur dan rumusan dari hasil diskusi. Dan yang hebatnya adalah Mohammad Yamin tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat merumuskan ikrar pemuda yang kemudian tak lama ia serahkan pada kepala kongres, Soegondo Djojopoepito

Soegondo selaku kepala kongres kemudian membacakan rumusan yang Mohammad Yamin telah tuliskan sambil memandang ke arah Yamin. Kemudian Yamin tersenyum dan dengan spontan Soegondo membubuhkan parafnya. Setelah itu, rumusan Yamin disetujui oleh seluruh utusan organisasi pemuda.

Itulah 5 fakta unik dan menarik yang dapat kita ambil dari peristiwa Sumpah Pemuda, oleh sebab itu kita harus terus menanamkan sifat sifat sumpah pemuda yaitu seperti semangat juang pemuda dan juga semangat menyatukan persatuan Indonesia agar Indonesia dapat selalu menjadi negara yang lebih baik dengan orang orang generasi muda yang turut dalam membangun dan berkontribusi untuk Indonesia.

Ryan Reeves