Prof. Dr. Engkos Achmad Kuncoro, Profesor ke-15 Yang Dihasilkan Binus

Jakarta, Character-Building.ac.id – Universitas Bina Nusantara kembali menghasilkan satu Profesor baru di Lingkungan Universitas Bina Nusantara. Ia adalah Prof. Dr. Engkos Achmad Kuncoro, S.E., M.M.

Pengukuhan Prof. Kun – begitu ia dikenal dan disapa dilingkungan Civitas Academica Universitas Bina Nusantara – dilakukan di Auditorium Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara, Jakarta (24/09/2022).

Prof. Harjanto Prabowo, Rektor Universitas Bina Nusantara dalam pidato pengukuhan ini menyampaikan bahwa kita bersyukut pada Tuhan karena Rahmat Tuhan yang kita nikmati pada hari ini untuk mengikuti pengukuhan guru besar tetap Universitas Bina Nusantara. Syukur karena meski pada masa Covid kita masih dapat berkarya.

Rektor Universitas Bina Nusantara
Prof. Dr. Harjanto Prabowo

Dalam perjalanan 41 tahun berkarya, lanjut Prof. Har – begitu ia biasa disapa – Binus terus mengembangkan SDM khususnya dalam bidang akademik baik dalam jumlah maupun kualitas. Binus memiliki perhatian besar pada pengembangan SDM. Pengembangan SDM tidak dilakukan untuk jangka pendek tetapi juga jangka panjang untuk mencapai binus 2035.

Hari ini kita begembira dan turut mendoakan Prof. Kun untuk dikukuhkan menjadi guru besar dalam bidang ilmu Managemen, ucapnya dengan punuh Bahagia.

Selain Prof. Har. Bapak Bernard Gunawan, selaku Ketua Yayasan Bina Nusantara dalam pidatonya menyampaikan bahwa dalam usia Binus yang ke-41 tahun berkarya bagi bangsa dan negara, Binus telah mengukuhkan 15 Guru Besar.

Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan

Kita patut bersyukur pada Tuhan, tegas Bapak Bernard. Rasa syukur ini adalah motivasi untuk terus melanjutkan komitmen. Komitment untuk menjadi universitas berkualitas global demi membangun Indonesia yang lebih baik. Komitment ini tentu didukung oleh SDM yang dimiliki Binus yakni para dosen dan para Guru Besar. Kami berkomitment untuk menyumbangkan Guru Besar untuk mendidikasikan komitment dan pemikirannya untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Atas nama Binus, ucap Bapak Bernard, saya mengucapkan selamat dan apresiasi terhadap Prof Kun untuk perolehan jabatan akademik tertinggi sebagai professor tetap di Universitas Bina Nusantara dalam bidang ilmu managemen.

Prof Kuncoro menyampaikan pidato ilmiah pengukuhannya dengan judul “Platform Cooperative As A Business Model; An Inovation Toward A Fair Sharing Economy In Indonesia”.

Dalam Pidato ilmiah yang ditulisnya sebanyak 42 halaman ini, Prof Kun menyakini bahwa  platform teknologi digital, jika digunakan secara etis, memiliki banyak potensi dampak sosial yang positif. Misalnya, menambah transparansi, mengurangi diskriminasi gender atau ras, menciptakan lapangan kerja di luar batas lokal, meningkatkan pembangunan ekonomi sekaligus mengurangi kemiskinan dan menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

Selain itu, tambahnya, teknologi platform digital juga dapat meningkatkan model kooperatif dan memungkinkan platform kooperatif beroperasi dengan cara dan skala baru. Dengan memasukkan prinsip-prinsip koperasi ke dalam desain platform digital bersama, koperasi platform memiliki posisi yang baik untuk menciptakan dampak sosial yang positif dan mewujudkan nilai-nilai sosial yang diharapkan.

Yustinus Suhardi Ruman