Pendidikan Karakter Mana Yang Lebih Penting : KEJUJURAN atau KERJA KERAS ? Obrolan Anak Binus Online Learning

Oleh: Petrus Hepi Witono (Pemerhati Literasi Finansial)

YEFTA S. Keduanya adalah hal penting, namun kejujuran adalah hal utama. Karena dengan kejujuran kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, serta kejujuran penting juga untuk dilakukan terhadap diri sendiri agar dapat menemukan kedamaian dalam diri.

Kerja keras menurut saya seperti alat, siapapun bisa menggunakan itu. Contohnya, orang jujur bekerja keras untuk mendapat nilai baik dengan belajar. Namun orang yang tidak jujur bisa menggunakan “alat” yang bernama “kerja keras” untuk menyiapkan contekan atau bahkan melakukan peretasan kunci jawaban demi nilai yang baik.

GHINA F. Menurut saya keduanya penting namun untum prioritas pertama dimulai dari Jujur, jika sesuatu dimulai dengan tidak jujur maka akan sulit melakukan kerja keras.

CHRISTIAN Y. Menurut saya kedua dua nya sama sama penting karena kejujuran tanpa kerja keras tidak akan membuahkan hasil tetapi jika hanya kerja keras tidak ada kejujuran maka akan merugikan oranglain dan terbebani dosa di akhirat

EDWIN S. Kalau ditanya mana yang lebih penting tentunya Kejujuran, tapi kalau punya keduanya tentu akan jauh lebih baik, akan jadi orang yang bisa diandalkan. Kerja keras tanpa kejujuran juga tentu akan jadi musibah untuk perusahaan yang mempekerjakannya.

ADRIO W. Menurut saya dalam membangun karakter yang sesuai dengan pancasila, kita tidak boleh memilih mana 1 hal yang terbaik saja.

Apabila kita menganggap nilai karakter tersebut baik, maka sudah seharusnya kita mengambil dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Mungkin akan muncul pertanyaan, apa yang menjadi acuan sebuah nilai itu baik atau tidak? Maka ketika hal ini muncul, hanya kita dan bagaimana kita di-didik yang menjadi faktor penentu. Namun dengan kita lebih sering menggunakan hati nurani kita untuk memilih mana yang baik. Tentu kita akan mendapatkan jawaban yang terbaik.

Maka dari itu jangan pernah melupakan hati kita untuk menjadi sarana memilih pilihan yang terbaik untuk hidup kita.

BENYAMIN. Menurut saya baik kejujuran & kerja keras merupakan suatu kesatuan yang utuh dimana tidak bisa dilepaskan. Sebagai contoh dalam dunia kerja kejujuran erat kaitannya dengan integritas seseorang dan kerja keras merupakan bukti dari orang tersebut bisa di andalkan.

Contoh nyata bila ada orang yang jujur tapi dia malas bekerja, maka orang lain juga akan berpikir lagi dimana kejujuran merupakan refleksi dari kepercayaan. Kepercayaan melakukan pekerjaan dengan baik dan benar, bukan malas-malasan. Atau misal ada orang yang kerja keras tapi tidak jujur, maka orang tersebut juga tidak akan dipercaya dalam pekerjaan apapun. Dan bukankah kerja keras merupakan refleksi dari kepercayaan orang lain yang mempekerjakan kita.

YELMAYUNI YELMAYUNI. Menurut saya lebih penting pendidikan karakter kejujuran, karena jujur itu karakter dari dalam/hati, sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar benarnya yang bisa memberikan ketenangan pada diri sendiri dan merupakan pondasi utama tegaknya nilai nilai kebenaran dalam kehidupan sehari hari.

Sedangkan karakter kerja keras menurut saya itu perbuatan fisik yang bisa pada suatu saat fisik kita tidak memungkinkan untuk kerja keras, karena kita melakukannya dengan tenaga atau otot dan butuh stamina. Jadi menurut saya kesimpulan yang bisa saya ambil adalah kejujuran itu sampai akhir hayat sementara kerja keras terbatas.

MARSIANUS E. Kejujuran sama pentingnya dengan kerja keras. Kejujuran tanpa kerja keras tidak menghasilkan, kerja keras tanpa kejujuran menghasilkan, tetapi ada pihak yang dirugikan. Menurut saya kita harus memberikan kinerja yang baik dan menjunjung kejujuran di kehidupan kita.

Petrus Hepi Witono