Kegembiraan dan Keberhasilan

Oleh: Dr. Silverius Constantino Johanes Maria Lake

Bagaimana pun korelasi antara kondisi kegembiraan dan pencapaian nilai keberhasilan perlu diuji melalui suatu riset sederhana.   Penelitian Christopher B Roberts menunjukkan bahwa nilai diperoleh dan dipengaruhi oleh kehendak dan aktivitas. Karena itu, tidak mengherankan kegembiraan dan kebahagiaan berpengaruh terhadap keberhasilan suatu perjuangan. Konsep Christopher B Roberts dalam buku ASEAN Regionalism: Cooperation, Values, and Institutionalization tentu telah diperoleh melalui suatu riset dan diskusi.

Fakta tentang faktor kegembiraan menyaratkan orang mencapai keberhasilan dapat diperoleh dari pendampingan dan pengajaran bagi mahasiswa baik undergraduate maupun postgraduate. Keyakinan terhadap pengajaran dan perkuliahan yang menyenangkan dapat dipantau juga dari kuliah tatap muka, onsite, hybrid, termasuk offline. Karena itu, tidak sulit bagi pengajar atau dosen untuk menerapkan metode perkuliahan dan pembimbingan yang menyenangkan. Metode ini sering dihimbau, sosialisasi, bahkan melalui suatu training dari semester ke semester.

Hasil pembimbingan dan pengembangan potensi mahasiswa yang signifikan tentu akan memerbaiki serta meningkatkan keberhasilan mahasiswa serta reputasi baik kampus dalam hal ini Binus University Campus. Bagaimana pun the Binus University telah meraih keberhasilan sebagai Universitas Unggul Indonesia yang disampaikan Bapak Rektor pada Lecture Gathering yang baru saja berlalu. Kembali kepada fakta aktual tersebut, kegembiraan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi prakondisi keberhasilan mahasiswa dan kampus.

Mari melihat CBDC dalam konteks kegembiraan dan keberhasilan. Memang belum dimulai suatu riset tentang hal tersebut jika tidak keliru. Namun, diyakini bahwa SDM CBDC yang potensial serta penuh dengan kebahagiaan mampu menghidupi dan mengamalkan the spirit of CBDC dalam proses internal di center serta proses eksternal di ruang perkuliahan. Apakah the spirit of CBDC itu? Yang memiliki kewenangan dan otoritas untuk menerangkan dengan baik dan benar adalah the Manager of CBDC right? Semoga materi the spirit of CBDC dikaji dan digemakan demi menguatkan SDM CBDC yang potensial. Dengan kata lain, akan lebih baik jika konsep Christopher B Roberts, uraian keunggulan kampus Binus University yang disampaikan Bapak Rektor, korelasi dengan the spirit of CBDC. Semoga kompetensi dan kapasitas SDM CBDC menaruh dan realisasi nilai kegembiraan internal serta akses perkuliahan di ruang kelas Binus University. Dengan demikian pernyataan Bapak Rektor saat menutup Lecture Gathering “jangan lupa bahagia” sebenarnya relevan untuk membuka semangat baru pada tahun akademik baru 2022-23.

Dr. Silverius Constantino Johanes Maria Lake