WEBMINAR CBDC Binus:  Kontribusi Pendidikan Karakter di PT Terhadap Usaha Bela Negara

CBDC- Binus, Jakarta – Character Building Development Center (CBDC), Universitas Bina Nusantara, Jakarta mengadakan seminar dengan tema, “PKBN dan Kontribusi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Seminar ini dilaksanakan secara virtual (Rabu, 24/08/2022).

Seminar ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa seiring berkembangnya zaman, berbagai persoalan yang menyangkut pertahanan dan ketahanan bangsa menjadi lebih kompleks.  

Sebagai contohnya persoalan tersebut adalah ancaman tidak hanya berbentuk agresi, separatisme, konflik sosial, dan bencana alam tetapi sudah meluas ke wilayah siber. Ancaman di wilayah siber misalnya, penyebaran ideologi radikal sudah tidak hanya melalui pertemuan langsung namun bisa melalui media sosial. Pun ancaman di wilayah siber bisa berbentuk spionase dan penyebaran berita hoaks.

Tentu berbagai ancaman di atas perlu diantisipasi dengan penguatan kekuatan nasional. Salah satu unsur kekuatan nasional yang harus diperkuat adalah sumber daya manusia (SDM). Penguatan SDM dalam rangka meningkatkan kekuatan nasional dilakukan di berbagai aspek kehidupan termasuk, kesehatan dan pendidikan. Dalam wilayah pendidikan, penguatan SDM tercermin bukan hanya pada peningkatan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter yang berbasis pada kecintaan terhadap NKRI.

PKBN (Pembinaan Kesadaran Bela Negara) merupakan salah satu program yang dibuat dalam rangka meningkatkan nasionalisme pada setiap lapisan masyarakat. Secara lebih mendetail, PKBN diharapkan dapat menghasilkan SDM yang memiliki karakter sebagai berikut; cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, dan rela berkorban demi bangsa serta negara, dimana kerelaan tersebut dipancarkan melalui profesi masing-masing.

Mengingat sasaran dari PKBN adalah seluruh lapisan masyarakat maka program ini, tidak hanya perlu diupayakan oleh Kementerian Pertahanan sebagai institusi pemrakarsa, tetapi juga oleh segenap kementerian serta lembaga lainnya termasuk, kementerian pendidikan.

Seminar ini ingin melihat sejauh mana sinergitas antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pendidikan dalam mengupayakan pembinaan kesadaran bela negara di ruang lingkup pendidikan formal. Serta, kontribusi apa yang mungkin dilakukan oleh institusi pendidikan seperti Perguruan Tinggi untuk mewujudkan tujuan dari PKBN tersebut.

Sasaran dari seminar ini adalah para dosen pendidikan karakter yang tergabung dalam Character Building Development Center, BINUS University, dengan menghadirkan pembicara:

  • Kolonel Mar Rachmat Djunaidi (Kasubdit Lingdik Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan)
  • Kolonel Kav Mitro Prihantoro, SAP, M.Sc (Kapuslit Kamnas LPPM Unhan RI)
  • Lambertus Berto Tukan (Pengajar & Pegiat Budaya)
Yustinus Suhardi Ruman