Lomba Menulis Artikel: Dengan Karakter Yang Kuat Kita Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat

Character Building and Development Centre (CBDC) Binus University untuk pertama kalinya mengadakan lomba menulis artikel mini. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-77, tanggal 17 Agustus 2022.

Tema utama lomba adalah  “Character Building dan Kemerdekaan Indonesia”. Tema ini sangat relevan dengan tema perayaan Kemerdekaan secara nasional pada tahun ini yakni, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.  

Konteks dari tema perayaan kemerdekaan secara nasional itu adalah pandemic covid-19 yang telah merusak sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan bahkan politik baik pada tangkat negara maupun pada tingkat masyarakat.  

Pembangunan dan pengembangan karakter dalam hal ini merupakan salah satu strategi budaya untuk pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat. Karakter yang kuat akan memerdekakan Indonesia dari keterpurukan akibat pandemic Covid-19 yang sudah dialami masyarakat dan bangsa Indonesia dalam dua tahun belakangan ini. Karakter utama yang dimaksud adalah cinta pada bangsa Indonesia dengan seluruh warisan nilai-nilai luhurnya.

Tentu saja, semua elemen bangsa harus memiliki karakter yang kuat agar kemerdekaan dari keterpurukan akibat pandemic dapat dicapai. Namun, peran generasi muda penerus bangsa memiliki tanggungjawab yang lebih spesial. Sebab, pada diri merekalah estafet pembangunan bangsa akan diteruskan.

Menyadari pentingnya peran generasi muda di masa yang akan datang, maka lomba penulisan artikel mini kali ini secara spesifik terbuka  pada siswa/siswi SMA. Dalam waktu 10 sampai dengan 15 tahun mendatang mereka adalah calon-calon pemimpin bangsa pada berbagai sektor; dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya baik pada level negara maupun masyarakat. Para generasi muda harus memiliki karakter yang kuat untuk mencintai bangsa Indonesia dalam beragai bidang kehidupannya.

Dalam lomba perdana ini, terjaring 17 artikel mini yang berhasil diterima oleh panita lomba. Ke-17 artikel mini ini dikategorikan dalam tiga kelompok. Kelompok pertama adalah kategori Character Building (CB) Pancasila, kelompok kedua adalah kategori Character Building (CB) Kewarganegaraan, dan kelompok ketiga adalah kategori Character Building (CB) Agama. 

Kategori CB Pancasila diikuti oleh empat orang siswa/I. Masing-masing mengirim satu artikel. Lalu kategori CB Kewarganegaraan diikuti oleh 3 orang siwa/I dengan mengirim tiga artikel, dan terakhir kategori CB Agama diikuti oleh 10 orang siswa/I dengan sepuluh artikel.

Beberapa SMA yang mengirimkan artikel dari Siswa/I-nya dalam lomba ini adalah SMA Katolik Ricci 1, SMA Cinta Kasih Tzu Chi, SMA CHIS Denpasar, dan SMA Penabur Serpong.

Artikel Terbaik

Pada dasarnya, semua artikel yang masuk panita merupakan artikel terbaik. Namun, tentu saja, berdasarkan kriteria panita hanya beberapa artikel yang berhak mendapatkan apresiasi dari panitia. Artikel-artikel yang mendapat apresiasi ini memenuhi kriteria penilaian yang terdiri dari tiga variable yakni (1) substansi, (2) tata bahasa dan alur pemikiran, dan (3) wawasan.

Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut maka artikel yang mendapat apresiasi berupa hadiah uang adalah sebagai berikut.

Pertama, kategori CB Pancasila

Terbaik 1:  Imel Esia Borang (SMA CHIS Denpasar)

Terbaik 2: Cindea Cherilyanda (SMA Cinta Kasih Tzu Chi)

Terbaik 3:  Micheelya Gabriel Widjaja (SMA Cinta Kasih Tzu Chi)

Kedua, kategori CB Kewarganegaraan

Terbaik 1: Marlyne Suteja (SMA Katolik Ricci 1)

Terbaik 2: Daphne Bella Aurelia Lesmana (SMA CHIS Denpasar)

Terbaik 3: Chandra Perdana Kusuma (SMA Cinta Kasih Tzu Chi)

Ketiga , kategori CB Agama

Terbaik 1: Ayu Rafika Syahra (SMA CHIS Denpasar)

Terbaik 2: Kenneth Hendra (SMA Katolik Ricci 1)

Terbaik 3: Joseph Arthur Koo (SMA Penabur Gading Serpon)

Hadiah

Artikel-artikel yang mendapat nilai terbaik berdasarkan variable ini akan mendapat hadiah uang. Terbaik pertama untuk semua kategori masing-masing mendapat hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000, lalu terbaik kedua untuk setiap kategori masing-masing mendapat Rp.750.000 dan terbaik ketiga untuk masing-masing kategori mendapat hadiah uang Rp.500 ribu.

Yustinus Suhardi Ruman