Character Building & Development Center Binus University Dukung PKBN

Binus University, Jakarta – Character Building & Development Center Universitas Bina Nusantara mendukung Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) yang diprogramkan negara untuk para civitas academica.

Dukungan ini di sampaikan oleh Dr. Frederikus Fios, Manager Character Building & Development Centre, Universitas Bina Nusantara Jakarta saat memberikan  sambutannya mengawali seminar “PKBN dan Kontribusi Pendidikan Karakter diPerguruan Tinggi” di Jakarta secara virtual (24/08/2022).

Seminar ini menghadirkan beberapa Narasumber sebagai berikut;

  • Kolonel Mar Rachmat Djunaidi (Kasubdit Lingdik Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan)
  • Kolonel Kav Mitro Prihantoro, SAP, M.Sc (Kapuslit Kamnas LPPM Unhan RI)
  • Lambertus Berto Tukan (Pengajar & Pegiat Budaya

Dr. Fios dalam sambutannya mengatakan, CBDC Universitas Bina Nusantara sangat mendukung program PKBN. Program ini sejalan dengan pendidikan karakter Pancasila, Kewarganegaraan dan Agama yang diterapkan di Universitas Bina Nusantara.

Dalam pelatihan PKBN sebelumnya CBDC telah mengirim lima orang dosen untuk mengikuti pelatihan Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Mereka adalah

  • Dr. Kartika Yulianti,
  • Nikodemus Thomas Martoredjo, S.S.,M.M.,M.Si
  • Benny, S.Kom.,S.Dt.B.,M.Pd
  • Rina Patriana Chairiyani, S.S.,M.Pd
  • Alfensius Alwino, S.Fil.,M.Hum

Seminar ini diikuti oleh para Dosen Character Building & Development Center Universitas Bina Nusantara dan diikuti oleh peserta lain diluar lingkungan Universitas Bina Nusantara.

Berikut adalah kata sambutan lengkap Dr. Frederikus Fios  

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Rahayu.

Yang saya hormati,

  • Kolonel Mar Rachmat Djunaidi (Kasubdit Lingdik Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan)
  • Kolonel Kav Mitro Prihantoro, SAP, M.Sc (Kapuslit Kamnas LPPM Unhan RI)
  • Lambertus Berto Tukan (Pengajar & Pegiat Budaya)
  • Bapak ibu dosen undangan peserta Webinar yang kami hormati,   

Salam Bela Negara!

Pertama-tama kita patut bersyukur kepada Tuhan atas rahmat dan penyertaannya, kita dapat berkumpul bersama melalui Webinar hari ini bertajuk: “Pembinaan Kesadaran Bela Negara/PKBN dan Kontribusi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi” kolaborasi CBDC Binus University dengan Kementrian Pertahanan RI, LPPM Unhan RI”.

Webinar ini terlaksana sebagai bagian dari aktualisasi sinergitas antara Character Building Development Center Binus University dengan institusi eksternal yang kompeten untuk terus melakukan pembinaan berkelanjutan kepada dosen dan mahasiswa agar memiliki kesadaran dan wawasan yang adequate terkait nilai-nilai kebangsaan dan Nation Character Building.

Sejak berdiri 2021, Character Building Development Center Binus University berkomitmen dan terus berupaya membangun karakter anak bangsa khususnya mahasiswa generasi muda Binus untuk memiliki ketahanan karakter yang ideal: cerdas, baik, religius, Pancasilais, peduli. dan berwawasan global. 

Hal ini sejalan dengan Program PKBN yang digagas Pemerintah sekarang melalui kementerian terkait dengan focus pada upaya membangun daya tangkal bangsa agar setiap warga negara Indonesia memiliki sikap mental dan karakter yang dijiwai oleh jiwa patriotis-cinta tanah air, kesadaran berbangsa & bernegara, keyakinan pada Pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan berkorban bagi negara yang diwujudkan sesuai dengan profesi warga negara masing-masing. Warga negara dengan kualitas tersebut merupakan potensi sumber daya manusia kekuatan pertahanan negara yang memiliki daya tangkal tangguh yang siap menghadapi setiap ancaman yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

Tantangan kekinian bangsa Indonesia, baik dari dalam maupun luar khususnya penetrasi ideologi transnasional dalam berbagai wajahnya disinyalir dapat menggoncangkan sendi-sendi bangunan kebangsaan kita sebagai negara  Indonesia yang berdaulat. Oleh karena itu, Webinar hari ini merupakan suatu kesempatan yang ideal untuk kita belajar dan juga berdiskusi, bersama para narasumber yang hadir untuk menemukan siasat strategis untuk membangun karakter anak bangsa khususnya generasi muda di lingkungan perguruan tinggi. Selain itu juga diharapkan dapat diperoleh butir-butir rekomendasi strategis yang relevan untuk penguatan pendidikan karakter di Perguruan Tinggi berbasis nilai-nilai kebangsaan dan bela negara. Selamat berseminar, terima kasih.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Rahayu!!!

Yustinus Suhardi Ruman