Pentingnya Menghemat Energi  

 OlehL: Ch. Megawati Tirtawinata, M.M

Listrik adalah salah satu energi yang selalu digunakan setiap hari. Bisa dikatakan listrik merupakan kebutuhan pokok, karena semua aktivitas kehidupan manusia banyak menggunakan tenaga listrik.  Mulai dari belajar, mengerjakan tugas, menyetrika, mencuci baju, nonton televisi,  dan masih banyak hal lainnya membutuhkan listrik agar dapat dikerjakan. Tanpa listrik seperti tak ada kehidupan. Maksudnya manusia tak dapat mengerjakan apa-apa, semua kegiatan tertunda. Namun layaknya energi pada umumnya, listrik pun harus dihemat penggunaannya agar tidak terlalu berlebihan.

Penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui. Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi, dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi.

Penghematan energi adalah unsur yang penting dari sebuah kebijakan energi. Penghematan energi menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi per kapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Hal ini mengurangi naiknya biaya energi, dan dapat mengurangi kebutuhan pembangkit energi atau impor energi. Berkurangnya permintaan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksi energi.

Banyak dampak akibat pemborosan energi terutama energi listrik. Dampaknya dapat meningkatnya suhu global yang akan menyababkan perubahan-perubahan lingkungan seperti contoh permukaan air laut naik, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrim, hilangnya gletser, dan cadangan listrik untuk generasi di masa mendatang yang semakin berkurang, sehingga dapat menimbulkan kondisi darurat listrik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk penghematan energi, yaitu dengan melakukan efisiensi pemakaian energi listrik . Berikut ini cara- cara mudah yang bisa dilakukan untuk penghematan listrik di rumah:

Penerangan rumah, gunakan lampu hemat listrik dari pada lampu pijar, matikan lampu saat meninggalkan ruangan, letakkan lampu di tempat yang cukup rendah dan dapat melayani lebih banyak ruang,  pendingin udara gunakan seperlunya saja.

Dalam rumah tinggal, ruang- ruang yang cukup dingin tidak perlu di beri Air Conditioner.Lebih baik gunakan jendela yang dapat dibuka tutup, malahan udara lebih segar karena ada sirkulasi.

Peralatan listrik, misalnya lemari es, usahakan agar pintu lemari selalu tertutup rapat dan tidak ada kebocoran, serta hindari memasukkan makanan panas ke dalamnya karena akan memacunya bekerja lebih keras dan mengkonsumsi lebih banyak listrik.Televisi dan komputer juga merupakan pengkonsumsi energi listrik yang cukup besar, sehingga disarankan bila tidak digunakan maka sebaiknya dimatikan saja.

Gunakanlah mesin cuci secara optimal dengan mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci  agar tidak membuang- buang energi listrik.Gunakanlah tipe setrika listrik otomatis yang memiliki termostat sehingga bisa mengatur tingkat panas sesuai kebutuhan.

Menghemat penggunan listrik  menghemat pengeluaran uang belanja.

 

Ch. Megawati Tirtawinata, M.M