Generasi Muda dan NKRI

Oleh: Nikodemus Thomas Martoredjo, S.S.,M.M.,M.Si

Keutuhan dan kejayaan Bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia, khususnya bagi generasi muda Indonesia yang nantinya menjadi penerus bangsa.  Diharapkan dengan adanya generasi muda yang handal dan tahan banting akan dapat menjadi kunci kesuksesan Indonesia di tengah persaingan global dunia ke depannya.

Generasi muda Indonesia kembali menjadi sorotan mata internasional. Dengan berbagai karyanya yang unik membuat nama Indonesia semakin dikenal dan diperhitungkan reputasinya di dunia internasional. Berbagai karya unik tersebut berhasil ditorehkan dari bidang fashion atau pakaian dengan brand Erigo. Hadirnya Iklan Erigo di tengah Times Square, New York menjadi awal dan penanda bahwa Erigo, Fashion Brand Lokal Indonesia akan hadir dan memperluas pasar di Amerika Serikat.

Erigo merupakan suatu brand fashion lokal yang berasal dari kota Depok. Brand fashion lokal Erigo ini milik Muhammad Sadad. Pencapaian ini tidak diraih secara instan. Muhammad Sadad memulai jatuh bangun perjalanan usahanya sejak 2011 dari kamarnya di salah satu apartemen di Depok. Dia memulai usahanya sendiri tanpa bantuan karyawan atau tim. Dua tahun kemudian, nama Erigo lahir jadi entitas brand bisnis. Awalnya Erigo mengusung konsep bertema batik dan ikat, tapi kemudian beralih ke fashion kasual yang bertahan hingga saat ini.

Brand ini sekarang menjadi sangat popular dan diminati oleh kaum muda baik dari Indonesia maupun luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina dan negara lain di seluruh dunia. Brand ini terkenal karena memiliki keunikan model atau design pakaian yang kekinian, sehingga tidak kalah dan dapat bersaing dengan brand-brand luar negeri. Hal ini ditambah dengan harganya yang relatif terjangkau, sehingga dapat menjadikan brand ini banyak diminati atau digemari oleh para generasi muda saat ini.

Terbukti dari pencapaian itu Erigo mendapatkan kesempatan untuk mengikuti peragaan busana di New York Fashion Week (NYFW) 2022 yang akan diselenggarakan awal September. Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut Erigo memasang pengiklanan billboard di Times Square New York, Amerika Serikat, dan juga tidak lupa menggandeng beberapa artis ataupun influencer dari Indonesia yang akan menjadi model dalam kegiatan tersebut. Sebut saja beberapa nama seperti : Gading Martin, Luna Maya, Enzy Storia, Febby Rastanty, Denny Sumargo, Alika Islamadina, Uus, Arief Muhammad, Ayla Dimitri, dan Den Dimas. Kesuksesan Erigo ini membuat pemiliknya  mendapatkan apresiasi dari pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Tidak hanya sukses di kancah internasional yang membuat harum nama bangsa dan negara Indonesia, Erigo juga sukses di dalam negeri. Salah satu contohnya adalah mendapatkan penghargaan Rekor Muri untuk kategori “Penjualan Kaos Melalui Media Online Terbanyak dalam Satu Jam’’.

Selain sukses mendapatkan penghargaan nasional dan internasional, Erigo juga turut berkontribusi untuk membantu perekonomian bangsa yang sedang terpuruk akibat pandemik Covid-19. Erigo berupaya terus membantu dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dengan cara merekrut banyak tenaga kerja. Tenaga kerja tersebut nantinya diharapkan dapat membantu bisnis Erigo yang terus berkembang pesat.

Semua kesuksesan yang dicapai Erigo hingga sampai go international saat ini, merupakan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak seperti dari online market terkenal Shopee, yang selalu memberikan arahan dan juga bimbingan kepada tim marketing Erigo dalam mengembangkan usahanya di bidang e-commerce. 

Kisah kesuksesan Erigo yang membanggakan bangsa dan negara Indonesia, diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk terus berusaha memajukan dan mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia di kancah internasional. Berbagai cara dapat ditempuh seperti menciptakan karya – karya inovatif serta mengikuti berbagai kompetisi yang dapat menunjukkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Selain itu dapat juga dengan berpartisipasi aktif mencintai dan menggunakan produk – produk lokal yang dapat membantu memajukan perekonomian dalam negeri. Dan tak kalah pentingnya adalah sebagai generasi muda harus lebih peka akan kemajuan teknologi. Kemajuan tekonologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan digunakan dengan bijak sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Referensi :

https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20210902185049-25-273303/didukung-kemenparekraf-shopee-erigo-tembus-nyfw-2022 https://peluangusaha.kontan.co.id/news/perjalanan-erigo-brand-fasyen-dari-parung-ke-times-square-new-york?page=all

Nikodemus Thomas Martoredjo, S.S.,M.M.,M.Si