Kepemimpinan Dan Manajemen

Oleh: Dr. Nuah P. Tarigan

Sebaiknya orang yang merasa dirinya layak menjadi pemimpin yang mau mencalonkan diri Pemimpin yang berbasis Pancasila. Kalau pun mereka merasa belum mampu, sudah selayaknya putra atau putri ibu pertiwi yang memiliki karakter dan kompetensi yang memiliki jiwa kepemimpinan pancasilais diberi kesempatan tampil ke depan dan menunjukkan bukti bahwa Pancasila itu masih ada dan siap selalu untuk berkontribusi bagi Indonesia.

Melihat kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sangat dijejali dengan beragam masalah negatif, kita harus kembali pada fitrah perjuangan nasional, yaitu kembali menjadikan Nasionalisme berdasarkan Pancasila sebagai motor perjuangan. Harus kita usahakan agar perjuangan nasional kembali menunjukkan kekuatan dan membuat bangsa Indonesia berprestasi tinggi. Hal ini bertambah penting karena ternyata antara sekarang sampai tahun 2035 Indonesia mengalami demographic dividend atau “bonus kependudukan”. Ini terjadi karena dalam masa ini jumlah penduduk dalam umur produktif jauh melebihi yang ada dalam umur kurang produktif. Hal ini, apabila dimanfaatkan dengan tepat dapat menghasilkan kesejahteraan tinggi bagi bangsa Indonesia.

Sebaliknya, apabila tidak ada usaha demikian justru menjadikan penduduk destruktif dalam jumlah besar. Gejala ini sekarang sudah mulai nampak dengan banyaknya kekerasan dalam berbagai aspek. Sebagaimana kekuatan perjuangan nasional dalam melahirkan Negara Merdeka sangat ditentukan oleh Kepemimpinan yang bermutu berbasis Pancasila, maka sekarang juga perlu berkembang

Kepemimpinan bermutu, visioner dan mengedepankan keindonesiaan untuk mewujudkan kekuatan dan keunggulan di masa akan datang. Kepemimpinan yang berjiwa Patriot dan Nasionalis Pancasila sejati, yang dengan penuh semangat pengabdian kepada Negara dan Bangsa dapat mengajak dan memotivasi bangsa untuk berjuang mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Namun untuk menghasilkan kekuatan perjuangan nasional sekarang di samping Kepemimpinan, diperlukan pula kemampuan Manajemen atau Pengelola yang secara cerdas dan berani menggarap seluruh potensi bangsa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Kombinasi Kepemimpinan dan Manajemen menjadi kunci terwujudnya keunggulan dan kekuatan perjuangan nasional.

Dr. Nuah P. Tarigan