Squid Game, Sebuah Renungan Arti Hidup

Oleh: Benny

Peringatan bocoran atas plot serial Squid Game. Jangan dilanjutkan jika anda hendak menonton.

Dalam kisah film seri Squid Game kita menikmati bagaimana film seri itu dibuka dengan tokoh utamanya yang memiliki kesulitan hidup. Kesulitan hidupnya tentu bukan tanpa alasan tapi karena kebiasaan buruk dan perbuatan yang tidak baik yang dilakukannya sehingga dia terjerat dengan hutang. Lalu datanglah orang yang seperti sosok orang penyelamat menawarkan akan memberikan hadiah uang banyak. Setelah bergumul dan makin terdesak masalah keuangan, diterimalah tawaran itu dan resmi dijemput sebagai pemain. Demikian pula dengan para peserta permainan yang lainnya itu.

Dalam episode-episode perlahan dibuka latar belakang dan kisah mengapa para pemain-pemain yang ada tersebut tergiur akan hadiah yang sangat banyak dengan harapan akan menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Terlihat juga bagaimana pergumulan para pemain yang memicu emosi dimana mereka bergumul dengan value yang dimiliki Ketika mencoba bertahan hidup.

Pada akhir baru terungkap bahwa permainan itu diselenggarakan oleh para orang kalangan elit yang kaya. Mereka merasa bahwa hidup mereka sudah hambar. Kebahagiaan dan keseruan hidup semua sudah dirasakan. Semua sudah dicoba dan dinikmati karena memang mereka memiliki uang untuk itu semua.

Demikian pula hidup kita, mungkin kita belum super kaya dan dapat menikmati semua kenikmatan yang ada yang dapat dibeli dengan uang. Tapi jika kita super kaya seperti mereka yang ada di film itu, mungkin kita akan berakhir sama seperti mereka. Karena itu penting dalam hidup kita mencari arti, makna dan tujuan hidup kita. Membuat kita tetap semangat dan ada sesuatu yang lebih besar dari kita yang terus kita kejar dan capai. Sesuatu yang bukan hanya untuk memuaskan nafsu kita, tetapi untuk sesuatu yang lebih besar, bermakna dan bermanfaat bagi orang banyak atau bahkan semua orang. Dengan demikian kita menjalani hidup lebih bersemangat, menyadari bahwa kita akan dapat memberi dampak positif bagi dunia dalam setiap usaha dan Langkah kita. Hal ini akan membawa kebahagiaan bagi kita dan juga menjadikan dunia lebih baik. Apakah anda sudah ada tujuan hidup anda?

Benny