Robin Hood

Oleh: Benny

Jika anda adalah angkatan sebelum milenial maka anda akan familiar dengan tokoh Robin Hood. Tokoh ini terkenal lewat kisah-kisahnya dalam buku maupun lewat film. Tokoh ini sudah menjadi legenda dan dikenal semua orang pada masanya, mungkin kalau jaman sekarang sebagai meme.

Tokoh ini terkenal sebagai sosok yang jago dalam memanah dengan baju khasnya yang berwarna hijau. Robin Hood dipuja oleh para rakyat miskin karena sering menolong dan membagikan harta. Orang susah yang tertindas dan kesulitan acap kali dalam kisah aksinya mendapat bantuan dan pertolongan dari Si Robin Hood. Tapi darimanakah harta yang dibagikan Robin kepada rakyat miskin tersebut? Ternyata Robin melakukan pengalihan harga dari para orang kaya kepada orang miskin atau yang lebih umum kenal sebagai mencuri. Mencuri dari kaum kaya untuk dibagikan ke kaum miskin. Meski dalam kisah-kisah tersebut tidak semua yang dicuri itu adalah orang kaya yang jahat, tapi karena kisah itu tokoh protagonisnya Robin Hood, tentu pihak yang dicuri lebih mudah dan lebih memuaskan jika digambarkan sebagai orang jahat.

Karena Robin Hood itu melakukan mencuri dan membagikan kepada orang miskin dan susah, apakah seorang Robin Hood ini adalah orang baik? Menilai baik dan buruk itu seperti menilai semua itu binary, hanya ada hitam dan putih. Dalam kehidupan semua jauh lebih kompleks dan tidak bisa dinilai satu sisi.

Perbuatan itu bisa kita nilai secara terpisah. Mencuri dari kaum kaya, meskipun orangnya jahat, itu adalah sebuah perbuatan yang salah. Membantu dan membagikan harta kepada kaum miskin adalah sebuah perbuatan yang baik dan terpuji. Jadi baik dan buruk ada pada tokoh jagoan tersebut. Dari persepektif karakter, tentu Robin Hood ini orang yang tidak memiliki karakter yang sepenuhnya baik tentunya karena masih menjustifikasi perbuatan mencurinya. Karakter yang baik, adalah karakter yang tidak membenarkan perbuatan yang salah demi melakukan sebuah perbuatan baik.

Anda bisa menjadi orang yang lebih baik dari pada Robin Hood. Bagaimanakah caranya? Lakukanlah banyak membantu orang yang membutuhkan bantuan, tapi tentunya tidak dengan melakukan perbuatan salah demi tercapainya perbuatan baik tersebut. Berbuat baik dengan niat baik juga tanpa harus merugikan ataupun melanggar hak orang lain.

Benny