Kemampuan  Pemimpin yang Baik (bagian 7/12 tulisan): Integritas

Oleh: Iwan Irawan

“Kehebatan seorang manusia bukanlah pada seberapa banyak kekayaan yang dia peroleh, tetapi pada integritasnya dan kemampuannya untuk memengaruhi orang-orang di sekitarnya secara positif.” – Bob Marley

Seorang pemimpin yang memiliki sikap integritas yg baik sudahlah pasti akan menjadi harapan dan biasanya pemimpin tersebut akan mudah  untuk mendapatkan promosi jabatan menjadi seorang pemimpin yang lebih tinggi lagi. Di dalam sikap integritas akan terkandung makna sebuah konsistensi antara tindakan dan nilai, sehingga integritas dari seorang  pemimpin menjadi hal yang sangat mutlak sebagai landasan yang menjunjung tinggi nilai professional dalam melaksanakan tugas organisasi dan melayani. Sikap Integritas ini perlulah dimiliki oleh setiap pemimpin yang baik, dimana mereka  terlibat langsung di dalam sebuah organisasi, karena tanpa sikap integritas  maka sebuah organisasi tidak akan dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam mewujudkan visi dan misi dari sebuah organisasi.  hal ini tentunya harus di dukung oleh seorang pemimpin yang punya jiwa integritas, karena tanpa adanya integritas yang baik dari seorang pemimpin sebagai pengendali suatu organisasi atau pengarah, maka pemimpin  tersebut akanlah  mudah kehilangan kepercayaan dari anggota timnya.

Fondasi Kepemimpinan yang dibangun diatas kekuatan berpikir dengan kebiasaan yang produktif yang dilandasai oleh suatu sikap kekuatan moral berarti ia memiliki “ jiwa Integritas” untuk bersikap dan berperilaku, yang membuat seorang pemimpin  mampu untuk memberikan keteladanan dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan perubahan. Oleh karena itu seseorang pemimpin yang memiliki nilai kepemimpinan berintegritas akan mampu untuk menerapkan arti dan makna integritas itu sendiri.  Sikap integritas itu menjadi sebuah kunci utama dalam kepemimpinan, karena itu dalam setiap membuat keputusan yang benar , seorang pemimpin harus pada waktu yang benar dalam bersikap dan berperilaku, disitulah terletak pondasi atau dasar dalam membangunsikap Integritas berupa trust atau kepercayaan. Suatu sikap Integritas akan hadir dalam tindakan kepemimpinan, apabila seorang pemimpin tersebut mampu menggabungkan seluruh aspek atau potensi yang ada dalam dirinya menjadi satu kesatuan yang saling mendukung satu sama lainnya.

Seorang Pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi, tentunya dia akan memiliki kemampuan untuk mengelola ilmu manajemennya sehingga bertindak terhormat dan benar dalam setiap tindakan dan  kebijakannya . Ciri seorang pemimpin yang berintegritas ditandai oleh tindakan yang berupa satunya kata dan perbuatan, bukanlah seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang. Seorang pemimpin yang mempunyai integritas bukan tipe manusia dengan banyak wajah (bermuka dua) dan senantiasa melakukan penampilan yang disesuaikan dengan motif dan kepentingan pribadinya.

Seorang pemimpin yang memiliki sikap integritas biasanya akan memiliki “power” yang lebih kuat. Untuk meyakinkan orang lain diman dia tidaklah perlu banyak bicara. Pemimpin yang berintegritas tinggi memiliki pengaruh yang sangat kuat dibandingkan dengan pemimpin berintegritas rendah. Dalam pembahasan mengenai leadership, salah satu prasyarat utama dan paling mendasar dari sikap pemimpin yang benar benar memimpin adalah harus memiliki integritas. Memang benar dan tidak bisa kita pungkiri bahwa memiliki integritas saja tidak akan menjadikan seseorang pemimpin, akan tetapi tanpa integritas, maka kamu tidak akan pernah menjadi pemimpin sejati, karena Dengan integritas, seorang pemimpin tidak perlu takut karena dirinya tidak menyembunyikan apa pun. Dengan integritas, seorang pemimpin yang baik akan melakukan hal yang benar.

Iwan Irawan