Kemampuan  Pemimpin yang Baik (bagian 5/12 tulisan):  Kepedulian

Oleh: Iwan Irawan

“Untuk memimpin diri Anda sendiri, gunakanlah kepala. Tetapi untuk memimpin orang lain, gunakan hati Anda. Senantiasalah menyentuh hati orang dalam meluaskan pengaruh kepemimpinan Anda.” -Lee Iacocca 

Seorang Pemimpin yang baik  sangat memahami akan pentingnya dalam membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Semakin kuat hubungan yang dibangun tersebut diantara seorang pemimpin dengan anggota timnya, maka akan semakin besar pengaruh yang dihasilkannya. Dan itu berarti, akan semakin besar motivasi para anggota tim untuk  membantu pemimpinnya dengan suka rela.

Hal yang paling sering luput dari perhatian seorang pemimpin. Adalah Mereka selalu merasa bahwa anggota timnya selalu senang saat bekerja dengannya.

Perlu kita ketahui bahwa kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin yang baik tidak hanya sekedar diukur dari pencapaian-pencapaian fisik dan materi yang dapat Anda miliki, perusahaan-perusahaan yang Anda dirikan. Efektivitas Anda sebagai seorang pemimpin yang baik akan dinilai dari seberapa jauh Anda berhasil memberikan kepedulian anda pada semua anggota tim dan menyentuh hidup orang lain. ”Kehidupan seorang pemimpin menjadi tidak berarti kecuali jika hidupnya memiliki pengaruh besar bagi kehidupan orang lain.” Keberhasilan materi yang anda dapatkan akan cepat dilupakan orang . Satu hal yang akan selalu mampu bertahan lama adalah investasi yang Anda tanamkan kedalam kehidupan anggota tim, karena aset kepemimpinan yang paling berharga adalah orang-orang yang Anda pimpin, para pengikut Anda atau sejumlah orang yang ingin Anda sentuh hidupnya yang dibangun dari sikap kepedulian yang tulus.

 Kepedulian seorang pemimpin terhadap orang-orang yang dipimpinnya akan dapat menentukan seberapa besar efektivitas Anda sebagai seorang pemimpin yang baik. Orang-orang tidak begitu peduli dengan apa yang Anda ketahui sampai mereka mengetahui seberapa besar Anda memiliki rasa kepedulian  terhadap mereka.  Dalam pengertian Care Personally, yakni sejauh mana seorang pemimpin secara personal memiliki rasa kepedulian kepada mereka yang dipimpinnya, seorang pemimpin yang baik Bisa merasakan apa yang orang lain sedang rasakan, dan dia mampu untuk menunjukkannya  bahwa dia seorang yang memiliki rasa Kepedulian pada anggota timnya. Dan orang yang pantas menjadi pemimpin salah satunya adalah mereka yang  punya empati.

Jika Anda termasuk orang yang juga memiliki rasa kepedulian, maka salah satu poin telah terpenuhi bahwa Anda layak jadi pemimpin sudah ada di dalam genggaman. Sebab, seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang memiliki kepedulian dan  akan berusaha mengetahui dan merasakan apa yang dialami atau menimpa anak buahnya. Oleh karena itu, sebagai pemimpin yang baik, anda perlu memiliki ciri-ciri yang satu ini. Tunjukkan kepedulianmu dengan mereka. Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana, seperti menanyakan kabar, mengucapkan selamat ulang tahun, dan menanyakan apakah mereka sudah istirahat.

Sebuah Quotes yang diutarakan oleh Theodore Roosevelt mengatakan bahwa “  Tidak ada yang peduli seberapa banyak kamu tahu, sampai mereka tahu seberapa besar kamu peduli.”  Kita perlu menyadari

Terlalu sering kita meremehkan akan kekuatan sentuhan, senyuman, kata-kata yang baik, telinga yang mendengarkan, pujian yang jujur, atau tindakan kepedulian terkecil lainnya, yang semuanya berpotensi mengubah kehidupan kita sebagai seorang pemimpin. Kepedulian adalah tentang berdiri di posisi orang lain, merasakan dengan hatinya, melihat dengan matanya. Kepedulian tidak hanya sulit untuk dialihdayakan, tetapi juga membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.”

Iwan Irawan