Kemampuan  Pemimpin yang Baik (bagian 3/12 tulisan): Komunikatif

Oleh: Iwan Irawan

“Keterampilan dalam seni komunikasi sangat penting untuk keberhasilan seorang pemimpin. Dia tidak dapat mencapai apa pun kecuali dia dapat berkomunikasi secara efektif. – Norman Allen

Berdasarkan Quotes diatas,  Jika kita ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, maka kita perlu untuk memiliki Kemampuan berkomunikasi . kemampuan Komunikasi yang baik adalah salah satu aspek esensial yang menentukan kualitas seorang pemimpin. Pimpinan yang baik tidaklah hanya berperan sebagai seorang penghubung saja, akan tetapi juga  harus dapat memberikan pernyataan mengenai visi yang mampu untuk menginspirasikan orang lain atau anggota timnya. Seorang Pemimpin harus mempunyai sikap yang terbuka dan jujur tentang apa yang dia lakukan dan pikirkan. Kemampuan berkomunikasi yang efektif dibangun atas dasar kepercayaan, visi, harapan, harga diri, dan keyakinan.

Kita harus mampu menyampaikan pesan secara jelas dan memastikan bahwa pesan tersebut memang diterima oleh semua anggota tim.  Seorang pemimpin perlu kemampuan untuk menjadi komunikator yang terampil dan efektif, karena seorang pemimpin akan berinteraksi dengan banyak orang baik di luar organisasi ataupun didalam perusahaan, bukan hanya dengan para karyawan saja. Setiap harinya, seorang pemimpin akan selalu berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai tingkatan organisasi yang  berbeda.

Seorang Pemimpin dalam berkomunikasi untuk berbagi visi dengan orang lain, menginspirasi dan memotivasi mereka untuk berjuang menuju visi, dan membangun nilai dan kepercayaan yang memungkinkan hubungan kerja dan pencapaian tujuan yang efektif.namun seringkali miskomunikasi kerap menjadi salah satu hambatan terbesar dalam sebuah kerja sama tim. Oleh karena itu, komunikasi menjadi skill dasar yang harus dimiliki seorang Pemimpin. Di dalam sebuah organisasi pemimpin adalah sebagai komunikator. Seorang Pemimpin yang baik pada umumnya memiliki  kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit  banyak akan mampu merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya.

Demikian sangat pentingnya sebuah komunikasi dalam kepemimpinan sebuah organisasi, maka seorang pemimpin yang baik harus mampu untuk  meningkatkan kemampuan berkomunikasinya agar tercipta  iklim, budaya pendukung organisasi, dan perhatian seluruh anggota tim sehingga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi kepemimpinan dalam organisasi yang dipimpinnya, Seorang pemimpin dalamnBerkomunikasi dengan cara yang hormat,  Janganlah  hanya sekedar memberi tahu anggota timnya apa apa saja yang diinginkannya, akan tetapi tetapi haruslah pula untuk menjelaskan alasannya kepada mereka.

Sebagai penutup artikel ini saya mengutip apa  yang dikatakan oleh seorang pakar komunikasi bernama Mireille Guiliano bahwa  “Kecerdasan, pengetahuan, atau pengalaman itu penting dan mungkin memberimu pekerjaan, tetapi keterampilan komunikasi yang kuat akan membuatmu dipromosikan.”  dan “Untuk berkomunikasi secara efektif, kita harus menyadari bahwa kita semua berbeda dalam cara kita memandang dunia dan menggunakan pemahaman ini sebagai panduan untuk komunikasi kita dengan orang lain.

Iwan Irawan