Kemampuan  Pemimpin yang Baik (bagian 2/12 tulisan): Problem solver

Oleh: Iwan Irawan

“Kedewasaan seseorang, satu di antaranya diukur bagaimana sikapnya menghadapi dan menyelesaikan masalah. Tidak lah cukup dewasa, jika menyelesaikan masalah dengan emosi dan apalagi dengan caci.”

Seperti yang kita ketahui bahwa siapa pun memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Jika saatnya tiba untuk menjadi seorang pemimpin , maka kita wajib sudah memiliki serangkaian kemampuan pemimpin yang baik. kemampuan kepemimpinan itu sangatlah penting karena bisa menjadikannya sebuah  teladan bagi anggota tim kita. Jadi, Pemimpin yang baik  memiliki suatu kemampuan yang bisa dicontoh oleh orang lain khususnya oleh anggota Tim.

Seorang pemimpin yang baik bisa saja memiliki kinerja yang baik di perusahaan. Namun, tidak semua pemimpin akan  memiliki kemampuan dalam problem solving atau pemecahan masalah yang baik. Seorang pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan yang satu ini. kita harus mampu menganalisis masalah dan menentukan solusi apa yang terbaik untuk menyelesaikannya.

Dalam menjalankan tugas sehari hari seorang pemimpin akan menghadapi kesulitan-kesulitan dan masalah masalah. Sebagai seorang pemimpin yang baik, dia harus mempunyai kemampuan dalam memecahkan suatu masalah tersebut. Hal Inilah yang dikatakan “leadership problem solving”. Seorang Pemimpin yang baik tentu tidak akan lari dari masalah masalah yang datang akan tetapi dia akan berusaha untuk memecahkan masalah tersebut (solve the problem).

Seorang Pemimpin haruslah memiliki kemampuan dalam memecahkan setiap persoalan dan masalah yang timbul. Biasanya seorang pemimpin akan menggunakan semua pengalamannya dalam mengambil setiap keputusan yang harus diambilnya. Seorang Pemimpin akan belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah dialaminya pada masa lalunya, mempelajari setiap persoalan dan kemudian memperbaiki. Jika dia baru pertama kali menghadapi suatu masalah dia akan menggunakan analisa-analisa yang tepat dan cermat untuk mengambil keputusan. Seorang Pemimpin yang mampu mengatasi masalah sangat diperlukan dalam menjalankan kepemimpinan yang baik. Pimpinan adalah problem solver, bukan malah menjadi trouble maker. Seperti yang diungkapkan oleh John Maxwell, sebenarnya pemimpin tidak hanya memimpin bawahannya saja.Namun, seorang pemimpin juga harus selalu mencari cara agar segala masalah yang ada di organisasinya bisa diselesaikan dengan baik.Pimpinan adalah problem solver.

Iwan Irawan