Kemampuan Pemimpin yang Baik (bagian 11/12 tulisan): Membangun kepercayaan

Oleh: Iwan Irawa

If you wish others to believe in you, you must first convince them that you believe in them. — Harvey Mackay

Seorang pemimpin yang baik harus mampu membangun kepercayaan karena dasar dari hubungan antar manusia dalam organisasi apapun adalah kepercayaan. Saat dalam sebuah organisasi tidak dapat menaruh kepercayaan pada pemimpinnya atau rekan kerjanya di dalam timnya, maka hal tersebut akan berakibat pada kinerja perusahaan dan sudah dapat dipastikan tidak akan ada kemajuan yang dapat dihasilkan. Suka atau tidak, kesuksesan (atau kegagalan)  dari seorang pemimpin tergantung pada kepercayaan dari semua anggota timnya.

Sebagai seorang pemimpin yang baik, dalam sebuah organisasi, bila orang yang Anda pimpin telah percaya kepada Anda sebagai pimpinan, maka apa pun yang Anda katakan pasti semuanya akan didengarkan dan akan dilaksanakan dengan baik oleh para anggota tim. Seorang pemimpin harus mampu bertindak sebagai sebagai seorang pemain tim, bila seluruh tim Anda mempercayai secara penuh kepada Anda, maka akan mudah bagi Anda untuk lebih terlibat secara aktif dan bergerak dengan leluasa bersama-sama menuju tujuan perusahaan yang ingin Anda raih. Jika Anda sebagai pimpinan dan anda menginginkan agar anggota tim anda percaya kepada Anda,  maka pertama-tama seorang pemimpin haruslah mampu meyakinkan semua anggota timnya bahwa Anda telah memberikan kepercayaan kepada mereka secara utuh. Ini merupakan hal yang sangat penting  yang kerap kali  disepelekan  oleh seorang pemimpin. Yaitu percaya kepada orang lain.

Sebagai seorang pemimpin yang baik, untuk dapat memperoleh rasa percaya dan kepercayaan dari semua anggota tim yang Anda pimpin, maka Anda sebagai leader perlu untuk memberikan rasa percaya Anda kepada mereka terlebih dahulu. Kepercayaan bisa dibangun dengan cara misalnya memberikan penghargaan dan pujian Anda untuk keberhasilan yang dilakukan oleh anggota tim Anda. Jangan Anda malah mengklaim hasil yang tidak Anda kerjakan sebagai kerja anda

Dalam kehidupan organisasi kadangkala seorang  pemimpin merasa dirinya mempunyai kemampuan yang lebih daripada para para anggota timnya. Tak heran hal ini bisa membuat mereka sering kali meragukan kinerja timnya. Padahal, seorang pemimpin yang baik tetap harus mau memberikan kepercayaan kepada setiap anggota timnya. Biarkanlah mereka melakukan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya. Belajarlah untuk mempercayai anggota tim Anda. Seorang pemimpin  yang mampu percaya bahwa anggota timnya mampu dan bisa bertanggung jawab maka hal ini akan menciptakan rasa kebersamaan yang sangat kuat dalam tim.  Untuk bisa membangun sebuah kepercayaan, maka kita sebagai pimpinan harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan positif dengan menjalin komunikasi dua arah secara jujur , Transparan dan terbuka. Percayalah bahwa anggota tim Anda akan mampu memenuhi atau melampaui tujuan perusahaan ketika melakukan pekerjaannya didalam lingkungan yang produktif, aman, dan mendukung.

Para pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menguasai seni dalam memberikan kepercayaan dan membangun kepercayaan dalam sebuah organisasi, Pimpinan memberikan kepercayaan pada anggota timnya adalah kemampuan seorang pemimpin memberikan wewenang kepercayaan dan tanggung jawab atas kegiatan khusus kepada seseorang atau semua anggota timnya sehingga bobot (kinerja)kerja antar anggota terbangun sama dengan yang lainnya, secara sederhananya dapat berarti memecah proyek pekerjaan besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan membaginya di antara berbagai anggota tim. Seorang Pemimpin bertindak sebagai pengawas sementara semua anggota tim bekerja dengan baik karena kepercayaan yang diberikan padanya.

Iwan Irawan