Kemampuan Pemimpin yang Baik (bagian 1 dari 12 tulisan): Berani Mengambil Resiko

Oleh: Iwan Irawan

Berani mengambil keputusan, maka kamu telah melangkah 10 kali lebih cepat untuk meraih tujuanmu.

Mereka yang tidak punya keberanian untuk mengambil risiko tidak akan mencapai apa pun dalam hidupnya.” – Muhammad Ali

Resiko bagi seorang pemimpin adalah sebuah ujian yang harus dihadapinya, karena dalam kehidupan manusia resiko selalu ada dan haruslah diambil, tentu dengan persiapan dan pemikiran yang matang, seorang pemimpin tanpa resiko maka ibarat sebuah masakan tanpa diberi garam. Ada sebuah pepatah yang mengatakan : Pencapaian yang besar dapat diraih dengan melibatkan resiko yang besar pula. Setiap Pemimpin harus menerima resiko dalam pemenuhan pekerjaannya. Resiko akan menjadi suatu pertimbangan apakah dia mampu menjadi pemimpin yang baik atau tidak. Karena itu dengan adanya rintangan yang berisiko disitulah anda dilatih untuk mengatasinya dengan baik dan disitu pulalah anda akan ditempa untuk menjadi pemimpin yang baik.

Apa jadinya jika seorang pemimpin terus mencari aman? Tentu bisa saja itu terjadi dan itu akan membuat diri anda dan tim anda akan kurang mengeksplor berbagai pilihan pekerjaan atau rintangan dalam keseharian, padahal dengan berani mengambil resiko, seorang pemimpin bisa keluar dari zona nyamannya dan kemudian anda bisa menemukan hal hal yang luar biasa yang selama ini belum pernah ditemui. Dan itu akan membuat kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah semakin hari semakin baik.

Pemimpin yang takut untuk mengambil resiko bukanlah seorang Pemimpin sejati. Perubahan sekecil apapun itu sangat tergantung pada komitmen anda dalam keputusan untuk mengambil sebuah resiko. Seorang pemimpin haruslah berani melakukan sesuatu yang tentu penuh dengan resiko, jika dia tidak mau atau tidak berani melakukan apa apa karena takut salah dan takut akan tanggung jawab akibat menanggung resiko, maka dia telah gagal untuk menjadi seorang Pemimpin.

Kita harus ingat akan sebuah pepatah yang mengatakan “Jika kamu gagal, ini bukanlah kegagalan dalam hidup atau karier kamu. Tapi, kegagalan yang menimpa merupakan bagian dari proses menuju keberhasilan.” karena bagi seorang pemimpin yang baik, Lebatnya hutan mengajarkannya bahwa kesuksesan hanya untuk mereka yang berani untuk masuk ke hutan dan tak takut tersesat hanya demi sebuah harapan.”. Jadi seorang Pemimpin harus berani mengambil resiko karena Yang penting dalam kehidupan ini adalah jangan takut untuk mengambil risiko. Ingat, kegagalan terbesar adalah karena kita tidak mencoba. Begitu kita menemukan sesuatu yang kita sukai, jadilah yang terbaik dalam melakukannya.

Iwan Irawan