Bercocok Tanam

Oleh: Benny

Bagi yang hidup di kota, biasanya jarang bertemu dan berhubungan dekat dan langsung dengan pertanian. Jadi semua cenderung melihat semen dan aspal dengan sedikit tanah yang digunakan untuk menanam tanaman hias, mestipun kebanyakan di pot. Perlulah kita mencoba hidup lebih dekat dengan alam. Melihat bagaimana tanaman sebagai sayuran itu ditanam dan tumbuh sebelum pada akhirnya sampai pada tangan kita untuk dimakan.

Mencoba bercocok tanam sayuran dapat membuka sudut pandang baru akan kehidupan. Melihat bagaimana sebenarnya alam dapat memberikan makanan dengan mudah tetapi kita malahan melakukan hal-hal yang justru merusak alam. Cobalah memulai hal baru untuk menanam sayur yang akan anda konsumsi. Bagaimanakah caranya? Mudah! Untuk media anda dapat gunakan pot dengan tanah atau kalau mau lebih jauh lagi dapat anda gunakan hidroponik bahkan. Anda dengan mudah dapat mendapatkan bibit dari toko online atau dari makanan segar juga. Contohnya anda bisa mendapatkan bibit dari biji dari buah-buahan yang anda makan seperti biji dari cabai segar atau tomat.

Tulisan ini bukan tutorial yang lengkap dengan petunjuk caranya tapi hanya ajakan untuk anda mencoba. Untuk cara tentu anda dapat googling atau menonton youtube tutorialnya. Lalu mengapa harus mencoba? Karena ada pengalaman disana dan ada pencerahan ketika anda menjalani semua proses itu dari menanam sampai anda makan itu yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Ketika anda menanam anda melihat bagaimana “keajaiban” dari sebuah biji kecil dapat muncul tanaman yang makin besar.

Dalam prosesnya anda melihat bagaimana tanaman tersebut butuh akan air, nutrisi dan tentunya cahaya. Koq seperti mejik bisa membesar! Lalu anda akan mengalami bagaimana tanaman anda akan diserang oleh serangga-serangga lalu mencoba berbagai cara untuk melindungi dan mengatasi serangga-serangga tersebut. Anda akan menyadari bagaimana racun yang digunakan untuk mengatasi serangga-serangga tersebut itu kita harus gunakan dengan hati-hati, dengan sarung tangan dan masker. Lah tapi kan ini disemprot ke tanaman lalu tanamannya kita makan? Ini melihat secara langsung bagaimana pestisida itu sebenarnya mengerikan.

Ketika panen kita akan merasa puas akan usaha kita selama ini. Ketika dimakan anda akan merasakan rasa yang lebih nikmat daripada biasanya. Mengapa? Ini segar! Langsung dipetik dan dimasak. Berbeda dengan sayur yang ditanam jauh di luar kota yang perlu waktu dikirim sehingga sudah lama dan tidak segar lagi. Selain mendapatkan sayur segar dan enak, anda akan merasakan seperti sihir bahwa dari tanah dan matahari anda bisa mendapatkan makanan.

Maukan anda coba sekarang? Anda tidak akan kecewa!

Benny