Arti Kebahagiaan

Oleh: Hari Sriyanto

Bagi seorang artis, biasanya hidupnya tak bisa lepas dari kata glamor, terlebih bagi yang memiliki karier cemerlang. Kehidupan serba wah dan mewah selalu menjadi bahan berita dari sang artis. Namun hal tersebut ternyata tidak berlaku bagi bintang film mandarin, Chow Yun Fat.

Aktor yang kini berusia 67 tahun tersebut, telah meniti karier di dunia film lebih dari empat dekade. Sukses di Kawasan Asia, Chow sempat melebarkan sayap dengan merambah Hollywood. Tak tanggung-tanggung, di beberapa film produksi Hollywood, Chow mendapat peran utama ; sesuatu yang tidak mudah diperoleh bintang asal Asia. Kesuksesannya sebagai aktor, membuat Chow termasuk dalam jajaran aktor mandarin terkaya. Dikabarkan ia memiliki kekayaan sebesar HKD 5,6 miliar atau setara dengan Rp 10,8 triliun lebih.

Harta yang melimpah ternyata tidak membuat Chow hidup glamour layaknya para mega bintang lainnya. Ia justru memiliki gaya hidup sederhana. Media-media di Hong kong pernah menyebutkan, aktor kelahiran 1955 tersebut hanya menghabiskan biaya hidup sebesar HKD 800 atau Rp 1,5 juta dalam sebulan. Dalam kesehariannya, Chow jarang bepergian dengan mobil mewah, namun sering menaiki angkutan umum. Ia juga sering berbelanja di toko-toko diskon. Sebagai alat komunikasi ia menggunakan ponsel generasi pertama selama bertahun-tahun.

Suami Jasmine Tan ini tak mau larut dalam kemewahan dan materi. Ia memanfaatkan waktu luangnya untuk menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga, jalan kaki dan joging. Sosok Chow semakin membuat kagum, karena sudah bukan rahasia lagi, kalauia sering memberikan sejumlah kekayannya untuk kegiatan amal. Dalam sebuah wawancara Chow pernah mengatakan, semua uang yang ia miliki bukanlah miliknya. “The money’s not mine. I’m only keeping it safe for the time being” (Uang itu bukan milikku. Saya hanya menyimpan dengan aman untuk sementara waktu). Ia berjanji akan menyumbangkan kekayaan yang dimilikinya untuk amal, apabila ia meninggal nantinya.

Bersama sang istri, Chow juga mendirikan badan amal yang banyak membantu berbagai lembaga sosial yang membutuhkan dana. Bagi bintang Film God of Gamblers ini, uang bukan menjadi sumber kebahagiaan. Ia pernah mengatakan, bahwa mimpinya adalah menjadi orang yang bahagia dan normal. Menurutnya, hal tersulit dalam hidup bukan tentang berapa banyak uang yang kita hasilkan, tetapi bagaimana menjaga pola pikir damai, dan menjalani sisa hidup dengan cara yang dikatakan Chow Yun Fat tersebut, barangkali memang benar adanya, Banyak bukti, uang dan harta melimpah belum tentu bisa membuat seseorang menjadi Bahagia, apalagi menikmati hidupnya. Kebahagian terbukti bukan ditentukan seberapa banyak uang dan kekayaan yang kita miliki. Kebahagiaan akan bisa dirasakan apabila kita bisa menikmati hidup apapun keadannnya. Kebahagian juga bisa datang saat hidup kita memiliki arti bagi orang lain.

Dengan menikmati hidup, berarti kita bisa mensyukuri apapun yang kita miliki. Sedangkan kita bisa disebut memiliki arti dalam hidup, apabila kehadiran kita membawa manfaat bagi orang lain. Hidup tidak melulu memikirkan diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita. Bila kita bisa melakukan keduanya, damai dan bahagia pasti akan kita rasakan. Mari kita nikmati hidup ini dengan penuh damai, dan jadikan diri kita berguna bagi orang lain. (Hari Sriyanto / D2715)

Hari Sriyanto