Penyebaran Berita Hoax

Olh: Heru Widoyo

Kemajuan teknologi sudah sangat berkembang pada saat ini dan sekarang kita bisa mengakses segala macam informasi lewat sosial media. Hanya dengan sekali sentuhan kita bisa mengakses apapun yang kita mau seperti olahraga, permainan, hobi, politik, dan sebagainya. Dengan segala kemudahan nya kita dapat memperkaya pengetahuan kita jika kita bisa menyerap ilmu dari apa yang kita dapat di sosial media.

Dengan adanya segala kemajuan teknologi dan informasi yang kita dapatkan selama ini pasti itu berdampak sekali dalam kehidupan sehari hari. Sebelum kita mengenal adanya teknologi tersebut, jika kita ingin mendapatkan informasi tentang apapun pasti kita haruslah membeli koran atau majalah. Selain itu juga jika kita ingin memberi kabar kepada teman,saudara, ataupun rekan kerja pasti kita harus mengirim pesan melalui surat.

Dan Ketika teknologi ini datang, kita sangat dimanjakan dengan sebuah system yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari hari kita. Jika kita ingin mengetahui kabar terbaru kitab isa melihat berita melalui internet dan sosial media. Lalu jika kita ingin memberi pesan kita sekarang bisa hanya mengetik melalui handphone tanpa harus bersusah payah untuk pergi ke kantor pos.

Penyebaran informasi yang ada di internet sangat luas dan banyak sehingga kita harus memilah informasi yang ingin kita ambil. Dengan adanya system algoritma, maka berita yang kita suka akan selalu disuplai oleh sistem tersebut sehingga kita akan semakin senang berselancar di internet. Jika kita sedang menyukai berita tentang politik, maka setiap kita membuka apapun di internet bisa dipastikan akan selalu ada hal yang berkaitan dengan topik tersebut muncul didalam layar kita. Sistem akan membaca apa yang kita suka

Selain itu sistem juga akan merekomendasikan informasi yang disukai oleh orang terdekat kita. Misalnya jika teman kita yang sedang menyukai olahraga maka sistem akan mencoba memasukan konten olahraga didalam perangkat kita sehingga kita dapat menyukai apa yang mereka sukai.Tentu ini sebuah sistem yang menarik jika kita melihat cara kerja nya yang sangat canggih.

Sistem yang canggih ini pastinya memiliki kekurangan karena dengan mudahnya informasi menyebar, kita dapat menemukan informasi yang tidak benar dan tidak tahu asalnya dari mana. Informasi datang begitu saja tanpa kita tahu sumber asalnya darimana. Terkadang informasi tersebut sangat menarik sehingga kita ingin untuk membukanya.

Akibatnya jika kita terus mengkonsumsi informasi yang tidak jelas sumbernya maka kita akan mendapatkan berita HOAX (Berita palsu). Hoax sangat berbahaya bagi kita karena mampu mempengaruhi kita. Jika kita mendapat berita hoax yang mengajak kita ke arah yang negatif maka kita akan senantiasa mengikuti ajakan tersebut.

Biasanya berita hoax memiliki beberapa ciri yaitu;

  • Mengandung kecemasan, kebencian, dan menimbulkan permusuhan.
  • Sumber tidak jelas dan belum diverifikasi.
  • Berupa pesan sepihak, menyerang dan tidak netral.
  • Mencatat nama tokoh berpengaruh dan memakai nama media terkenal.
  • Memanfaatkan fanatisme atas nama ideologi, agama, suara rakyat.
  • Judul yang provokatif dan tidak sesuai dengan isinya.
  • Meminta untuk di share dan di viralkan.
  • Menyembunyikan fakta dan data

Dengan begitu kita diharuskan untuk berhati hati jika ingin berselancar di internet, kita harus pintar memilih informasi yang kita ingin dapatkan. Pentingnya kita untuk mengecek Kembali sumber dari informasi yang kita dapatkan dan kita cek lagi kebenarannya sehingga kita tidak salah paham.

Penting juga untuk tidak langsung menyebarkan berita yang tidak tahu kebenarannya kepada orang lain, karena dengan begitu jika berita itu tidak benar faktanya maka orang lain juga akan ikut salah paham. Akibat dari salah paham ini akan menimbulkan kekacauan,kebencian, kecelakaan pada orang tersebut.

Kita juga sebagai penulis berita juga haruslah membuat berita dengan benar. Karena banyak orang diluar sana yang memiliki literasi yang rendah sehingga mereka hanya membaca judul dan tidak membaca isinya. Jika informasi yang disampaikan sudah benar maka pembaca juga akan menerimanya dengan baik dan tidak ada perbedaan pendapat yang menimbulkan kekacauan.

Intinya kita harus tetap berhati hati dalam menggunakan sosial media agar kita tidak terpengaruh oleh berita bohong (hoax) dan kita juga jangan asal menyebarkan berita yang menurut kita menarik namun belum tentu benar. Lebih baik cek dahulu sebelum menyebarkan kepada orang lain. Mari kita menuntaskan penyebaran hoax agar tidak ada lagi penyebaran hoax di Indonesia.

Heru Widoyo