Mengajar Character Building

Oleh: Dr. Silverius CJM Lake

Mengajar Character Building tentu tidak hanya dilakukan melalui pendekatan transfer of knowledge. Tahun 2001 adalah tonggak sejarah penting di Universitas Bina Nusantara dalam membentuk Character Building Development Center (CBDC) yang dikemudikan Dr. Anton Gea. Ide dasar pembentukan CBDC berasal dari Rektor I Universitas Bina Nusantara, Alm. Dr. Theresia Widia Soerjaningsih. Ide dasar tersebut dilatari oleh keprihatinan akan lulusan Perguruan Tinggi yang berperilaku immoral.  Sejak tahun 2001 sampai dengan sekarang 2022, kebiasaan immoral para pejabat pemerintah dan swasta yang nota bene adalah sarjana, magister, doktor bahkan profesor masih ditunjukkan.

Saat mengajar Characer Building di Universitas Bina Nusantara, merupakan saat yang krusial untuk menentukan pembentukan karakter moral mahasiswa. Minggu lalu dalam salah satu presentasi dan diskusi di Hybrid Class, tentang The Establishment of the Fairness of Law Against Corruption, sang mahasiswa menjawab pertanyaan dan menerangkan serta menyampaikan “… hal sederhana dan biasa saja yang dapat kita lakukan dalam melawan korupsi adalah hidup jujur”. Saat seperti ini, pernyataan yang tidak salah seperti itu perlu mendapat konfirmasi dari pengajar Character Building. Memang secara verbalistic dan intelektual, jawaban mahasiswa tersebut dapat diterima. Namun secara praktis keterangan mahasiswa tersebut perlu ditambahkan bahwa hidup jujur itu bukan hal yang sederhana dan biasa saja. Hidup jujur kini merupakan suatu perjuangan yang extraordinary. Di sini pengajar Character Building tampil dengan mengemukakan antara lain; Dalam kehidupan bersama di kampus atau di tengah masyarakat pola hidup jujur menjadi sumbangan yang sangat penting; Aktivitas dan kerja mahasiswa dan pengajar Character Building dalam hal apa saja selalu menampilkan nilai kejujuran dengan jelas dan terang; Proyek Tugas Akhir wajib dikerjakan dalam teamwork secara sadar, tanpa passiveness serta membebani yang lain. Jika mengajar Character Building merupakan transfer of values, maka kesepakatan bersama tentang values dan perjuangan mencapai values diterima bersama termasuk cara mencapai values tersebut.

CBDC merupakan suatu center yang terbagi dalam beberapa unit antara lain; Binus Kemanggisan, Binus Alam Sutra, Binus Bekasi, Binus Bandung, dan Binus Malang. Kelompok kecil dosen Character Building tentu akan berjalan dengan lebih baik dan berhasil dalam proses transfer of knowledge and transfer of values saat mengajar Character Building. Selama 20 tahun CBDC bekerja telah memberikan warna sendiri dalam aneka warna Universitas Bina Nusantara. Semoga semangat dan inspirasi 2022 menggerakkan Binusian CBDC dalam mewarnai Universitas Bina Nusantara sehingga tampak semakin baik, benar, dan indah.

Dr. Silverius CJM Lake