Mari Mencintai Lingkungan

Oleh: Heru Widoyo

Setiap orang tua pasti selalu berharap dan menginginkan anaknya untuk menjadi seorang pribadi dan juga memiliki karakter yang baik. Untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik, maka dibutuhkan pola pendidikan yang tepat, dan di situlah peran besar orang tua dibutuhkan untuk melakukannya. Terdapat banyak hal yang bisa diajarkan kepada anak-anak salah satunya adalah berkaitan dengan mencintai lingkungan.

Anak – anak  merupakan generasi penerus yang secara usia masih memiliki harapan hidup yang panjang dan tentunya membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembangnya secara optimal, sehingga perlu adanya untuk mengajarkan dan menanamkan sifat mencintai lingkungan kepada mereka sedari kecil. Oleh karena itu, dibutuhkannya sesuatu yang harus dapat diterapkan kepada anak-anak yaitu menerapkan sikap mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sikap mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya. Kita sebagai makhluk yang berakal, sudah selayaknya untuk tidak membuang sampah sembarangan.  Hal ini tentu harus diterapkan kepada anak-anak supaya tidak akan berdampak buruk jika dibiarkan membuang sampah sembarangan secara terus menerus, tidak hanya dapat merugikan manusia, namun dapat juga memperusak tempat  habitat yang kita tinggal, termasuk habitat para hewan dan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat.

Salah satu contoh sikap mencintai lingkungan yang perlu diterapkan adalah menanam tumbuhan dan cara merawatnya.. Kita perlu mengajarkan anak-anak agar menumbuhkan sikap empati terhadap lingkungan dengan menanam berbagai tanaman dan juga cara merawat tanaman yang baik yaitu diberi pupuk dan disiram secara berkala.

Menghemat Air juga merupakan salah satu faktor penting untuk diterapkan dalam mencintai lingkungan kepada anak-anak, karena air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Sebisa mungkin harus menggunakan air dengan sebijak mungkin, jangan sampai menggunakan air untuk keperluan yang tidak penting. Perlu diajarkan dan diterapkan kepada anak – anak bahwa menghambur-hamburkan kertas akan berdampak pada maraknya penebangan hutan. Kertas yang kita gunakan sehari-hari itu berasal dar pohon. Oleh karena itu, kita perlu menghargai setiap kertas yang kita gunakan dan tidak menghamburkannya sebagai sikap mencintai lingkungan.

Mengenalkan konsep reduce, reuse, recycle juga akan membantu anak supaya  lebih mencintai lingkungan. Kita bisa jelaskan secara sederhana bahwa reduce berarti sebisa mungkin setiap orang berusaha harus mengurangi sampah yang dihasilkannya, sedangkan reuse dan recycle berarti memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa dipakai atau mendaur ulangnya. 

Salah satu cara untuk mengasah kreativitas ialah dengan mendaur ulang berbagai barang tidak terpakai di sekitarnya. Dengan melakukan kegiatan daur ulang tersebut itu bisa menjadi cara yang sangat ampuh sekaligus menyenangkan untuk dilakukan.

Mengajarkan untuk mencintai lingkungan sejak dini memiliki dampak baik tak hanya bagi anak, tetapi juga lingkungan.  Dengan dikenalkan kepada lingkungan sejak dini, rasa peduli anak terhadap lingkungan bisa semakin meningkat. Pada akhirnya, hal ini akan memberikan dampak baik bagi lingkungan. Semoga untuk kedepannya kita bisa membuat lingkungan tempat tinggal kita menjadi lebih sehat dan bersih dan membuat  bumi menjadi lebih hijau.

Heru Widoyo