Desain Indonesia 2022

Oleh: Dr. Silverius CJM Lake

Ada suatu kegiatan internasional bona fide yang mana Indonesia dipercayai sebagai host, akan diselenggarakan tahun 2022. Jelas, Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Skope aktivitas internasional indikasi Indonesia sebagai salah satu bangsa yang unggul dan terhormat saat ini. Walaupun adanya Pandemi Covid-19, serta penanganan yang baik dan berhasil dari Indonesia, justru mengantar Indonesia sebagai Presidensi G20 2022. Hal yang nampak dalam penanganan Covid-19 termasuk varian baru Omicron yaitu mengatur lagi protokol kesehatan seperti dua sejoli masker dan vaksin.

Hal yang akan dilakukan Indonesia dalam Presidensi G20 2022 adalah mengajak dunia untuk memulihkan ekonomi secara inklusif dan berlanjut. Bertolak dari ajakan ini, tentu diperlukan kolaborasi global untuk menata tata kelola ekonomi serta kesehatan. Selanjutnya, merancang metode aplikasi untuk penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi global. Selain itu mendorong produk ekonomi dalam negeri serta kolaborasi ekspor dan impor.

Di sini tentu didukung dengan langkah konkrit dalam rangka memercepat proses pemulihan ekonomi termasuk kesehatan. Akibatnya Indonesia dan dunia internasional mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Dengan kata lain G20 2022 mampu menangani berbagai masalah yang menghambat pemulihan kesehatan dari Pandemi Covid-19 serta pertumbuhan ekonomi nasional dan internasional. Dan, salah satu penekanan Presiden Joko Widodo adalah tidak menjadikan Presidensi G20 2022 sebagai seremoni saja melainkan lebih dari itu yakni aksi nyata dan terukur.

Harus diakui betapa penting desain Indonesia dalam menyambut KTT G20 2022. Dalam merancang KTT G20 2022 di Indonesia, idealisme, rasionalitas serta moralitas patut dimasukkan dalam rancangan tersebut. Hanya melalui pertimbangan rasional, tanggung jawab moral serta otonomi bangsa, harapan terhadap G20 dan kesejahtaraan masyarakat dapat terwujud. Francis Bacon, filosof Inggris sangat medepankan perhatian terhadap kondisi hidup manusia. Karena itu, diharapkan KTT G20 2022 berperan dan berpengaruh terhadap kemajuan hidup maunsia. Dengan demikian aspek moralitas menjadi sangat penting dalam proses mewujudkan kondisi hidup manusia yang lebih baik daripada sebelumnya melalui KTT G20 2022 di Bali, Indonesia. Inilah yang harus diperhatikan Indonesia dalam desain KTT G20 2022 dengan memertimbangkan kondisi hidup masyarakat Indonesia serta masyarakat dunia internasional.

Dr. Silverius CJM Lake