Menguak Binus University Dalam Kata “Sederhana dan Tantangan” (1)

Oleh: Silverius CJM Lake

Cara merayakan HUT Ke-40 Binus University adalah dengan memersembahkan berbagai model acara seperti memberi ucapan selamat, menyuguhkan berbagai performans menarik, menyampaikan testimoni dan sambutan serta menggelar talk show.Dari sekian banyak model acara, yang akan diperhatikan di sini adalah sambutan saat merayakan Dies Natalis Ke-40 Binus University dan talk show tentang “Developing Visionary Digital Mindset Toward Social Transformation to Empower the Nation”.Seraya mengikuti berbagai sambutan pada Dies Natalis 1 Juli 2021 serta talk showtanggal 2 Juli 2021, Rektor Binus University, Prof. Dr. Harjanto Prabowo teryata menguak dua kata kunci “sederhana dan tantangan”. 

“Sederhana dan tantangan”, dua kata itulah yang presis dipakai oleh Prof. Harjanto selama dua hari terlibat dalam perayaan HUT Ke-40 Binus University. “Sederhana”, kata itu mengawali komitmen yang disampaikan Prof. Harjanto Prabowo terkait dengan Fostering and Empowering dalam menjalani proses transformasi sosial untuk mencapai kebaikan dan kemajuan bangsa. Prof Harjanto mengajak seluruh binusian untuk memahami secara mudah dan sederhana tema tersebut, namun mencapai dengan sebaiknya dan setingginya. Di sini semua jalan yang sulit dan samar dapat dilalui untuk mencapai tujuan dan menemukan visi-misi serta program kerja Binus University. Temuan pesan Prof. Harjanto Prabowo memang bukan suatu kebetulan tetapi dirancang dalam suatu riset. Penampakan riset tersebut dinyatakan dalam program kerja, aplikasi, dan realisasi.  

Binus University meluncurkan suatu E-Museum di tengah era baru yang ditandai dengan kekuatan digital. Meminjam istilah “sederhana” yang sering diucapkan Bapak Rektor Binus kini, E-Museum memang harus ada pada zamannya. Sementara itu, Bapak Rektor Binus kembali menampilkan enam tokoh sederhana dengan ide awal sederhana, sesungguhnya berdampak pada Binus University pada usia 40 tahun kini. Nama mereka disebut dengan berbagai kontribusi. Alm. Dr. Ir. Theresia Widia Soerjaningsih, MM Pendiri dan Rektor I Binus University. Alm. Drs. Rufinus Lahur, MM Sekretaris Yayasan Bina Nusantara. Alm. Bpk. Joseph Agustinus Sosroadimarwoto, Wakil Rektor yang mengembangkan program kemahasiswaan. Bpk. Joseph FP Luhukay, PhD Direktur Pascasarjana Binus University. Prof. Dr. Drs. Gerardus Polla, M.App.Sc Rektor II (2005-2009) Binus University. Alm. Once Kurniawan, SKom. MM. mengembangkan Multi Channel Learning dan Binus Maya. (To be continued)

Silverius CJM Lake (Dosen Character Building, Universitas Bina Nusantara, Jakarta)