CBDC Menggalang Doa Bersama Mengatasi Covid-19

Jakarta, Character-Building – Unit Character Building Development Center, Universitas Bina Nusantara mengadakan doa bersama untuk mengatasi pandemic Covid-19. Doa ini diikuti oleh dosen-dosen Character Building Universitas Bina Nusantara. 

Dalam pengantarnya, Dr. Antonius A. Gea, Dosen Senior yang menangani Mata Kuliah Character Building Agama menjelaskan bahwa doa bersama ini sesuai dengan spirit dari Unit Character Building Development Center. 

Sprit Pembelajaran Character Building tidak hanya berkaitan dengan relasi yang baik terhadap diri sendiri, sesama dan lingkungan alam, tetapi lebih tinggi dari itu, juga mencerminkan relasi yang baik dengan Allah. Dengan demikian, doa bersama ini merupakan wujud kolektif membangun relasi baik dengan Allah.

Apalagi lanjut, Antonius, Pemerintah telah memulai gerakan doa bersama untuk keselamatan bangsa dari serbuan Covid-19. Maka, kita di Unit CBDC juga mengambil bagian dalam gerakan yang sama. Kita harus melibatkan rahmat Tuhan dalam menghadapi Covid-19. Mudah-mudahan dengan doa-doa kita, Allah menyelamatkan kita semua dari ancaman Covid-19

Doa bersama pada kesempatan pertama ini dimulai dengan sharing pengalaman dari dosen-dosen yang pernah positif Covid-19 dan dari mereka yang sedang menjalani Isolasi Mandiri karena terpapar Covid-19. 

Selain itu, juga ada dosen membagi pengalaman mereka dalam keterlibatan aktif dilingkungannya, melakukan tindakan karitatif dan solidaritas untuk menolong begitu banyak anggota lingkungan mereka yang terpapar Covid-19.

Setelah terlibat dalam obrolan berbagi pengalaman bersama, doa bersama dimulai yang diwakili oleh masing-masing agama menurut intensi sebagai berikut;

  1. Doa bagi negara  disampaikan oleh Bapak: Sukron Ma’mun (Islam)
  2. Doa bagi Binus oleh Bapak Christian Siregar (Kristen)
  3. Doa bagi para pemimpin dan Penjasa Binus oleh Bapak Arcadius Benawa (Katolik)
  4. Doa bagi para orang tua dan mahasiswa Binus oleh Bapak Kristan (Konghucu)
  5. Doa bagi semua dosen, Guru dan Karyawan Binus oleh Bapak Benny (Buddha)
  6. Doa bagi Nakes ole ibu Hermawati (Islam)

Doa ini akan terus dilakukan satu kali dalam seminggu. 

Yustinus Suhardi Ruman