Strategi Managemen Waktu Yang Efisien

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf (Dosen Character Building Universitas Bina Nusantara)

Manajemen waktu menjadi penting terutama dalam situasi krisis saat ini. Secara umum manajemen adalah suatu kemampuan dalam merencanakan, mengorganisasikan dan mengaturkan waktu yang akan dihabiskan untuk bisa melakukan kegiatan tertentu secara efektif untuk mencapai tujuan. Sistem Manajemen Waktu aterdiri atas kombinasi dari berbagai rancangan proses, alat, metode maupun Teknik. . Dapat dikatakan bahwa manajemen waktu sebagai kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan juga pengawasan kegiatan proyek tertentu.

Tingkat efektivitas dari suatu manajemen waktu akan bisa terlihat dari pencapaian suatu target dan juga tujuan tujuan dari manajemen waktu tersebut dilakukan. Efisien sendiri memiliki dua makna yaitu antara lain pengurangan waktu yang telah dialokasikan serta adanya makna investasi dari waktu dengan penggunaan waktu yang telah tersedia.

Manajemen waktu juga tidak akan lepas dari bagaimana anda bisa menentukan skala prioritas. Ketika anda dihadapkan dengan beberapa hal yang penting namun hanya diberikan alokasi waktu yang sedikit, maka tugas anda untuk menentukan skala prioritas, mana kegiatan yang penting untuk dilakukan dan memerlukan lebih banyak perhatian dan mana kegiatan yang bisa ditinggalkan sehingga dapat menghemat alokasi waktu.

Untuk mempermudah kita dalam mengelola waktu, perlu dilakukan yang namanya kriteria prioritas kegiatan yang terdiri dari 4 kuadran, sebagai berikut:

Kuadran 1 : Penting dan Mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang harus dikerjakan dan tidak bisa ditunda. Contohnya membawa teman yang pingsan ke ruang kesehatan.

Kuadran 2 : Tidak Penting tapi Mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang tidak penting namun memaksa kita untuk segera melaksanakannya. Contohnya terpaksa mengantar adik.

Kuadran 3 : Penting tapi Tidak Mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang semuanya penting namun tidak mendesak. Contohnya olahraga.

Kuadran 4 : tidak penting dan tidak mendesak, maksudnya adalah kegiatan yang tidak penting dan tidak perlu segera dilakukan. Contohnya nonton tv.

Agar bisa mengatur waktu dengan baik, maka seorang individu perlu mengetahui prinsip dasar dari manajemen waktu. Prinsip dari manajemen waktu berhubungan dengan bagaimana individu bisa menentukan prioritas dari kegiatan kegiatan yang dijalankannya.

Sumber: https://sdmindonesia.com/pelatihan-manajemen-waktu/