Mengubah Pola Pikir Wirausaha

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf (Dosen Character Building Universitas Bina Nusantara)

Pola pikir (mindset) merupakan cara memandang terhadap sesuatu yang tertangkap pancaindera yang menimbulkan sikap dan perilaku. Pola pikir dari manusia dapat diubah dari pola pikir negatif ke positif, dari pecundang ke pemenang, dan dari karyawan  menjadi wirausaha.

Dalam lingkungan disrupsi dan perubahan tentu akan menimbulkan peluang-peluang baru dan ancaman-ancaman baru. Seorang wirausaha harus fokus pada peluang-peluang baru, bukan pada ancaman-ancaman baru. Fokus pada ancaman akan membuat sikap pesimis dan takut untuk mencoba. Dalam memahami makna perubahan, sebaiknya kita  memahami pengertian, tujuan, manfaat, serta peran pentingnya berpikir perubahan.

Sejatinya berpikir merupakan proses memanipulasi data, fakta dan informasi untuk menentukan keputusan. Berpikir perubahan adalah berpikir inovasi dan mencoba hal baru, untuk berpindah dari posisi awal ke posisi yang lebih baik. Contoh berpikir perubahan, seorang karyawan yang dulu sering disuruh-suruh kini menjadi seorang wirausaha yang sukses. Karena ada upaya untuk merubah pola pikir yang bisa membuatnya lebih baik.

Dalam berpikir perubahan, seseorang diharapkan memiliki pola pikir yang produktif. Pola pikir seperti inilah yang akan menciptakan ide-ide baru sekaligus dapat membuat seseorang bisa melangkah lebih jauh lagi dalam mengeksplorasi kemampuannya. Seorang wirausaha diharapkan tidak terpaku pada apa yang sudah ada sekarang yang mungkin dapat membuatnya semakin stagnan. Untuk membangun kebiasaan produktif menjadi kenyataan, seorang wirausaha harus mengasah kemampuan berpikir. Kebiasaan baru (habit) harus diasah secara berkelanjutan.

Manfaat yang bisa didapatkan dari berpikir perubahan antara lain meningkatkan kemampuan berkreasi dalam diri, merubah kebiasaan yang mungkin dahulunya tidak baik, menjadi lebih baik,  memotivasi untuk mencoba hal baru yang lebih bermanfaat, membuat orang semakin percaya diri dalam menjalani kehidupan, meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah, meningkatkan penghasilan.

Sumber: https://sdmindonesia.com/berpikir-perubahan-bagi-entrepreneur/