Membangun Kerjasama Tim

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf (Dosen Character Building Universitas Bina Nusantara)

Mungkin tidak berlebihan jika kerjasama dalam suatu tim menjadi  salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama. Kenyataanya membangun kerja sama tim tidaklah mudah, karena membutuhkan usaha yang tidak sedikit agar kooperasi bisa tercipta dan berjalan mulus. Kerjasama tim menyatukan  berbagai pribadi yang berbeda-beda menjadi satu pribadi yang saling mengerti dan mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

Untuk membangun kerjasama dalam tim yang solid pasti banyak tantangan dan hambatan, namun  hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara sebagai berikut.

  • Membangun kepercayaan dan saling menghormati: Dengan kuatnya saling rasa percaya dan saling menghormati maka akan mempermudah bekerja sama dengan sesama dan pemimpin dapat mendelegasikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan oleh anggota timnya dengan baik.
  • Menyelaraskan harapan: Setiap orang mempunyai semangat pencapaian karir yang berbeda, maka akan lebih baik menyelaraskan harapan dalam tim dan juga berusaha secara bersama-sama  memenuhinya.
  • Menanamkan sikap saling memiliki dalam kelompok: Sikap saling memiliki akan semakin mendalam saat anggota tim menghabiskan waktu bersama mencapai tujuan. Selain itu, pemimpin tim sebaiknya mengikut sertakan anggota tim dalam proses pengambilan keputusan sebagai realisasi dari kerja sama tim.
  • Menerima perbedaan pendapat: Dengan memasang kacamata positif dalam memandang suatu fenomena dalam berinteraksi dengan sejumlah orang, hal ini berarti bahwa ada sudut pandang lain yang bisa dianggap sebagai kesempatan yang bisa ditelusuri dan digunakan untuk kepentingan perusahaan/organisasi.
  • Memberikan evaluasi dan umpan balik. Hal ini perlu untuk mengukur pencapaian kinerja tim. Apabila terdapat hal yang tidak sesuai harapan, disinilah saatnya untuk memperbaiki kinerja tim selanjutnya. Disamping itu, setelah melihat kinerja tim, pemimpin bisa memberikan reward dan insentif yang tujuannya agar seluruh anggota tim termotivasi untuk melakukan kinerja yang lebih baik.

Walaupun kerjasama tim memiliki tantangan dan masalah namun dengan saling pengertian dari anggota tim dapay diatasi untuk mencapai tujuan bersama.

Sumber: https://sdmindonesia.com/kerjasama-tim-sinergi-mencapai-target/