Membangun Kepribadian Yang Positif

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf (Dosen Character Building Universitas Bina Nusantara)

Kepribadian menurut Schaefer dan Lamm (1998:97) sebagai keseluruhan pola sikap, kebutuhan, ciri-ciri khas dan perilaku seseorang. Kepribadian yang positif sehat adalah orang yang mamput mengaktualisasikan dirinya dirinya dengan baik dan berpikir rasional. Kepribadian mencakup semua aktualisasi dari penampilan yang selalu tampak pada diri seseorang, merupakan bagian yang khas atau ciri dari seseorang. Pengembangan kepribadian termasuk mengembangkan Inner Self dan Outer Self sesorang dengan lebih jelasnya mengembangkan diri secara dari dalam diri dan luar dirinya. “Kepribadian positif akan berdampak positif jauh lebih besar daripada faktor lain dalam pencapaian sukses kita.”

Lalu apa saja ciri kepribadian postif itu. Menurut Dr. Ibrahim El Fiky dalam bukunya terapi berpikir positif, mengemukakan 10 ciri kepribadian positif, yaitu Beriman kepada Tuhan YME, memiliki nilai-nilai luhur, punya cara pandang yang jelas, punya keyakinan positif, berusaha mencari jalan keluar dari berbagai masalah, belajar dari tiap masalah, tidak membiarkan masalah memengaruhi kehidupannya, percaya diri dan berani menghadapi tantangan, hidup dengan cita-cita dan perjuangan, pandai bergaul dan suka membantu orang lain

Mengapa pengembangan kepribadian itu penting? Karena kepribadian dapat menjadi faktor pendukung motivasi kesuksesan atau sebaliknya menjadi sumber kesulitan. Memperbaiki kualitas kepribadian secara langsung maupun tidak langsung melalui kegiatan menciptakan pola berpikir yang positif setiap hari, sehingga setiap orang akan mencapai derajat kehidupan yang lebih. Mengenal kepribadian dan kemampuan kepemimpinan seseorang, Mengetahui kekuatan, dan mengurangi kelemahan dengan mengembangkan perilaku dan kebiasaan yang relevan dengan kelemahan yang dimiliki secara terus menerus serta mengaitkannya dengan tujuan yang akan dicapai. Memperkuat akhlak spiritual keagamaan.

Sumber: https://sdmindonesia.com/pelatihan-pengembangan-kepribadian/