Membangun Kepercayaan Diri

Oleh: Dr. Adie E. Yusuf (Dosen Character Building Universitas Bina Nusantara)

Seseorang dikatakan percaya diri jika memiliki keyakinan atas kemampuan sendiri. Kepercayaan pada diri sendiri ini penting untuk kesehatan mental seseorang, karena jika tidak percaya diri akan sulit meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Ketika seseorang percaya atas kemampuan dirinya, akan mudah untuk melakukan sesuatu hal yang baru dan menaruh semua energinya untuk hal tersebut.

Orang yang memiliki kepercayaan rendah atau telah kehilangan kepercayaan, cenderung merasa bersikap sebagai berikut :

  • Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan.
  • Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh-sungguh.
  • Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan.
  • Canggung dalam menghadapi orang.
  • Sering memiliki harapan yang tidak realistis.
  • Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah.
  • Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal).

Sebaliknya, orang yang mempunyai kepercayaan diri yang bagus, mereka memiliki perasaan positif terhadap dirinya, punya keyakinan yang kuat atas dirinya dan punya pengetahuan akurat terhadap kemampuan yang dimiliki. Orang yang punya kepercayaan diri bagus bukanlah orang yang hanya merasa mampu (tetapi sebetulnya tidak mampu) melainkan adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya mampu berdasarkan pengalaman dan perhitungannya.

Cara membangun kepercayaan diri adalah dengan menghilangkan apa pun yang dapat memunculkan pikiran negatif. Jangan biarkan diri Anda berada dalam situasi yang membuat Anda merasa negatif kepada diri sendiri. Misalnya, pengingat akan masa lalu, pakaian yang sudah tidak pas lagi, atau tempat yang tidak sesuai dengan tujuan baru Anda untuk memiliki kepercayaan diri. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain. Berpeganglah pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apapun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Kenali bakat Anda. Setiap orang mempunyai keahlian, jadi carilah apa yang mampu anda lakukan dengan baik, lalu berfokuslah pada bakat anda. Temukan apa yang anda sukai lalu kembangkan bakat yang sesuai dengan minat anda tersebut. Banggalah kepada diri sendiri. Anda tidak cuma harus bangga dengan bakat atau keahlian, tetapi juga harus memperhatikan semua hal yang membuat kepribadian Anda istimewa. Misalnya, humor, kasih sayang, keahlian mendengarkan, atau kemampuan mengatasi stres.

Sumber: https://sdmindonesia.com/pelatihan-membangun-kepercayaan-diri-sikap-positif/