Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Oleh: Hari Sriyanto, S.Sos.,M.M (Dosen Character Universitas Bina Nusantara, Jakarta)

Ilmu pegetahuan (Iptek) sudah berkembang dengan pesat mengikuti alur waktu zaman modern. Perkembangan Iilmu pengetahuan yang sedang menonjol pada saat ini adalah perkembangaan alat komunikasi yang dapat mempermudah dalam melakukan suatu kegiatan melalui teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan akan membawa dampak positif bagi kehidupan umat manusia, diantaranya mempermudah aktifitas manusia. Diantaranya, memberikan berbagai kemudahan, mempercepat dan mempermudah proses informasi dan distribusi dalam kegiatan ekonomi, menambah efektifitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat. Perkembangan ilmu dan pengetahuian juga dapat meningkatan di bidang produksi, menambah pengetahuan dan wawasan, perusahaan atau industri dapat menjual produknya lebih luas lagi, m\eningkatkan kualitas Pendidikan dan masih banyak lagi.

Meski demikian, Perkembangan ilmu pengetahuan juga memiliki dampak negative. Diantaranya munculnya kejahatan baru khususnya cyber crime, berkembangnya sifat konsumtif, hilangnya (pudarnya) budaya tradisional, menumbuhkan kecenderungan sikap anti-sosial serta munculnya hoax atau berita bohong dan disinformasi.

Untuk itulah dalam menggunakan ilmu pengetahuan kita harus bisa bijak dan selalu memperhatikan dampak yang mungkin ditimbulkan. Hal ini karena penggunaan teknologi sering kali disalagbunakan. Hal ini menjadi momok besar yang sampai sekarang belum terselesaikan. Terutama di dunia maya adanya kemudahan mengakses situs-situs tak senonoh, yang bisa membawa dampak negatif bagi perkembangan jiwa gerenarasi muda kita. 

Disammping itu perkembanga ilmu pengetahuan juga mengakibatkan hilangnya budaya tradisional, seperti budaya gotong royong ataupun rukun tetangga, semakin terkikis oleh adanya budaya individualis karena penggunaan media social.

Untuk itu diperukan sikap kedewasaan kita dalam menyikapi perkembangan ilmu dan tehnoogi tersebut. Mengikuti perkembangan Iptek memang perlu dan harus kita lakukan, namun jangan sampai karena iptek kita melukan nilai-nilai positif yang ada dalam masyarakat kita.

Sikap yang bijak dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan adalah memanfaatan dan mengguankan sebaik-baiknya kemudahan-kemudahan yang tercipta berkat kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Salah satu contohnya adalah menggunakan produk telekomunikasi (HP). Maraknya informasi melalui media social, harus disikapi dengan bijak. MinyIkapi banyaknya informasi yang ada di media social, hendaknya kita harus bijaksana. Kita harus melakukan cross cek sebuah inforasi, sebelum kita men-share informasi tersebut, karena bisa jadi informasi tersebut hanyalah sebuah hoak yang bisa maresahakan masyarakat. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dengan benar dan bijak diharapkan  tidak akan merugikan pihak-pihak lain. Sebagai warga negara yang baik, kita dituntut untuk selalu bersikap dewasa dan bijaksana dalam menggunakan ilmu pengetahuan. Dengan demiakin kemajuan ilmu pengetahuah yang bertujuan memudahkan hidup manusia justru menjadi petaka bagi kita semua.