Mencintai Produk Indonesia (2)

Oleh: Hari Sriyanto, S.Sos.,M.M (Dosen Character Universitas Bina Nusantara, Jakarta)

Saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, pada awal Maret  lalu, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk-produk luar negeri. Jokowi mengatakan, ajakan benci produk luar negeri ia sampaikan agar masyarakat Indonesia loyal terhadap produk-produk dalam negeri. Sebab, dengan jumlah penduduk yang  mencapai 270 juta jiwa, potensi daya beli masyarakat Indonesia sangat besar.

Jokowi menegaskan, untuk mencapai loyalitas konsumen, produk-produk dalam negeri harus mampu bersaing dengan harga yang kompetitif dan barang yang berkualitas. Oleh karenanya, produsen mesti terus memperbaiki kualitas, pengemasan, hingga desain produk yang disesuaikan dengan tren pasar.

Ajakan Presiden Jokowi tersebut memang menimbulkan pro dan kontra. Namun menurut saya, ajakan tersebut haruslah kita dukung. Dengan menggunakan produk daalam negeri dan membenci (tidak menggunakan produk asing), kita akan membantu perekonomian Nasional. Dengan mencintai produk dalam negeri, kita akan membantu membangun kemandirian bangsa, dimana penggunakan produk-produk dalam negeri akan semakin menggairahkan produsen dalam negeri untuk menghasilkan produk-produknya.

Segala produk di indonesia sudah pasti harganya lebih terjangkau dari pada di luar negeri, padahal bicara kualitas hampir sama saja di indonesia dengan diluar negeri sana. Produk – produk buatan indonesia sudah banyak dan juga banyak menarik hati para pengunjungnya dari negara mana pun. Terkadang orang dari luar negeri pun ada yang mencintai produk Indonesia tapi mengapa kita yang orang indonesia tidak mencintai produk negara kita sendiri ?

Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, akan bisa mensukseskan swasembada pangan. Apa sebenarnya alasan kita menggunakan produk-produk pangan impor, bila kita sendiri memiliki banyak produk pangan yang berkualitas tak kalah dari produk impor ? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai produk indonesia, apa saja cara – caranya agar kita bisa membuktikan bahwa kita mencintai produk indonesia 

Dengan membeli barang lokal atau buatan sendiri kita bisa menjamin kualitasnya dan juga keamanannya, diasamping akan meningkatkan  pendapatan negara. Penggunaan produk-produk dalam negeri juga akan meningkatkan lapangan kerja, hal ini dikarenakan bayaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sehingga terbukalah lapangan kerja dan dengan sendirinya akan mengurangi pengangguran ataupun angka  kemiskinan. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita untuk wajib dan bangga menggunakan produk-produk dalam negeri. Kalua bukan kita siapa lagi yang akan mencintai produk-produk dalam negeri ?