Solidaritas di tengah pandemic Covid-19

by: Ketty Anggelica

NIM: 2301973834

Virus Covid-19 bermula pada awal Desember 2019 yang terjadi di Wuhan. Pada akhir Februari 2020 virus Covid-19 telah menyebar luas sampai ke Indonesia bahkan seluruh Dunia dan sampai saat ini pandemic Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir.

Covid-19 tidak hanya memakan korban jiwa, tetapi krisis ekonomi global. Jutaan orang terancam kehilangan pekerjaannya karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan para pengusaha untuk mengurangi karyawannya.

Di masa Pandemic Covid-19 ini kita semua rakyat Indonesia harus memiliki rasa tanggung jawab demi melawan virus corona ini. Di mulai dari hal kecil yaitu mematuhi protokol yang ada seperti memakai masker jika berpergian, selalu menjaga jarak, dan tidak melakukan kontak secara langsung dengan banyak orang.

Seperti yang kita tahu banyak sekali usaha yang terancam karena Pandemic Covid-19 ini, dengan rasa kemanusiaan kita harus saling support satu sama dengan yang lain. Seperti mendukung UMKM yang ada di Indonesia dan memberikan Bantuan Sosial bagi rakyat yang membutuhkan.

Kita harus saling memberikan dukungan untuk teman, saudara atau warga di sekitar lingkungan kita yang terkena virus corona, bukannya saling menjauhkan satu sama lain. Saling memberikan semangat, membantu/menolong satu sama yang lain dan mematuhi protokol yang ada itu adalah salah satu kunci solidaritas ditengah masa pandemic Covid-19.