Merawat Toleransi di Indonesia

by: Vincentsius Setyo Permana Hervianto

NIM: 2301975556

            Merawat Toleransi di Indonesia bukan hanya tugas dari Pemerintahan saja , tapi juga tugas dari kita semua, seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu kita harus bergotong royong untuk mewujudkan toleransi antar sesama masyarakat Indonesia.

            Hal yang perlu di lakukan untuk melakukan toleransi diantaranya adalah saling menghargai dalam hal beragama ,hal ini adalah yang paling sensitif di tengah – tengah masyarakat. Untuk itu kita harus menghargai saudara kita beragama lain untuk melaksanakan ibadahnya, contohnya di Timika Papua para Pemuda dan Pemudi lintas agama sebanyak 65 orang yang berlatar belakang agama lain ( Kristen , Khatolik , Hindu dan Budha ) ikut mengamankan ibadah yang beragama Islam yaitu Shalat Ied dan pada saat agama Kristen dan Khatolik merayakan ibadah Natal , para remaja masjid juga ikut mengamankan, hal ini bisa menjadi contoh bagi kita semua bahwa saling menghargai dalam hal beragama.

            Hal sederhana lain yang bisa kita lakukan untuk merawat toleransi di antara masyarakat adalah saling mendahului dalam menyapa sesama , saling memperhatikan keadaan sekitar , saling mengasihi sesama manusia , mendahului kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

            Dengan merawat toleransi berarti kita menjaga perdamaian antar sesama kita yang memiliki perbedaan Suku , Agama dan Ras demi mewujudkan nilai – nilai di Pancasila dan semboyan Bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Referensi :

https://regional.kompas.com/read/2019/08/20/07150091/7-kisah-damai-merawat-toleransi-indonesia-?page=all