Merawat toleransi di Indonesia

by: Ezzra Revo Ferzia

NIM: 2301972560

        Toleransi mempunyai arti yaitu sikap manusia yang bermakna saling menghargai dan menghormati antara orang satu dengan orang yang lainnya. Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu “ tolerare “ yang berarti menahan diri / bersikap sabar terhadap perbedaan. Indonesia adalah negara plural yang multietnis dan multiagama. Banyaknya agama serta suku budaya di indonesia ini menempatkan sikap toleransi adalah sikap yang harus dijunjung tinggi oleh setiap warganegaranya. Kunci keharmonisan,kemajuan,dan kedamaian suatu negara terletak pada sikap toleransi ini khususnya di negara majemuk seperti indonesia.

        Kemampuan setiap orang dalam menerima perbedaan menjadi faktor penting sikap toleransi dapat diterapkan di indonesia. Toleransi menghadirkan kebaikan untuk dapat hidup saling berdampingan tanpa mempersoalkan masalah perbedaan. Walaupun berasal dari latar belakang agama, suku dan budaya yang berbeda adalah bukti kemampuan seseorang dapat bersikap toleran dengan baik.

        Bersikap toleran khususnya di negara majemuk seperti Indonesia mempunyai banyak manfaatnya, berikut adalah beberapa manfaat bersikap toleran:

  1. Menciptakan kehidupan bernegara yang damai dan harmonis
  2. Menguatkan persatuan internal antar warganegara (nasionalisme)
  3. Mencegah perpecahan di dalam masyarakat khususnya di negara majemuk seperti indonesia
  4. Meningkatkan keimanan setiap individu, Dengan bersikap toleransi, setiap orang akan lebih menghargai agama lain dengan saling mengasihi yang mana sesuai ajaran agamanya masing masing.

Untuk dapat menumbuhkan sikap toleran di dalam diri kita yang mana sikap itu sangat dibutuhkan untuk kita semua, kita semua harus membiasakan diri bersikap untuk saling pengertian, saling memahami,menerima perbedaan antar individu,dan menganggap bahwa perbedaan itu adalah anugerah dari tuhan yang maha esa untuk kita saling mengenal dan memahami bukan malah berpikiran perbedaan merupakan suatu hal yang berbau negatif. Sikap ini tanpa paksaan dan tidak ingin memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Dengan adanya toleransi pembangunan negara,keharmonisan suatu negara akan berjalan lancar,dan kehidupan bernegara pun akan mudah untuk kita jalani bersama. Menerima perbedaan antara suku, agama dan kebudayaan dapat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Buat lingkungan masyarakat yang nyaman, tentram dan aman. Kemudian, sampaikan kepada kerabat dan saudara yang lainnya bahwa sikap toleran sangat penting untuk dilakukan.