Manfaat Pajak

by: Jesica Fujian Kristin, Catarina Manurung

Jika berbicara mengenai kewajiban kita sebagai warga negara dalam membayar pajak, menurut kami itu adalah suatu hal yang wajar dan harus dipenuhi pertanggung jawabannya. Jika digambarkan, pajak tersebut merupakan suatu instrumen wajib yang merupakan sumber atau sarana dalam pembangunan bangsa dan negara. Maka dari itu, pembayaran pajak itu sendiri merupakan suatu bentuk tanggung jawab kita sebagai warga negara dan juga peran serta kita secara langsung demi pembangunan negara. Dalam hal ini, pajak bukan hanya dilihat sebagai suatu kewajiban saja, melainkan suatu hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Dengan membayar pajak, setiap warga negara turut berpartisipasi dalam mencapai tujuan negara yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 serta turut mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jalan menuju terwujudnya tujuan negara oleh pembayaran pajak dapat dilihat melalui pembangunan infrastuktur di negara Indonesia yang berguna bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan kita telah membayar pajak maka sudah sepantasnya untuk kita bisa merasakan beragam manfaat sepert iboleh menggunakan fasilitas umum dan infrastruktur yang nyaman seperti jalanan, jembatan, tol, dll. Kenapa? Karena dalam proses pembuatan dan pembangunannya, semua fasilitas umum dan infrastruktur itu biasanya dibangun oleh dari sebagian alokasi dana penerimaan pajak. Bahkan hingga subsidi pangan atau bahan bakar minyak yang biasa kita dapatkan dari pemerintah juga ternyata didapat dari sebagian alokasi dana penerimaan pajak.

Selain untuk digunakan demi kesejahteraan kita sebagai warga negara, tentunya pajak juga akan dipakai untuk membayar hutang-hutang negara karena pajak merupakan salah satu sumber dana bagi pemerintah pusat serta daerah dalam melakukan pembangunan. Pajak juga dijadikan sebagai alat yang mampu untuk mengatur kebijakan-kebijakan pemerintah khususnya di bidang sosial, di bidang ekonomi, di bidang budaya, pertahanan dan keamanan dan juga bidang-bidang yang lainnya yang masih sangat perlu untuk dibangun, dibina dan ditingkatkan.

References

(n.d.). Retrieved from https://pajak.go.id/id/pajak

Pengertian Pajak, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya. (2020, February 26 ). Retrieved from Cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/pengertian-pajak-fungsi-dan-jenis-jenisnya.

Sari, N. M. (2020, February 14 ). 10 Manfaat Membayar Pajak untuk Diri Sendiri dan Negara. Retrieved from Liputan 6: https://hot.liputan6.com/read/4178804/10-manfaat-membayar-pajak-untuk-diri-sendiri-dan-negara.