Kerukunan Umat Beragama Adalah Kunci Keutuhan Bangsa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Jakarta, Chacter Building – Bangsa Indonesia dianugerahi keberagaman yang tidak dimiliki oleh bangsa lainnya di dunia ini. Oleh karena, sebagai bangsa kita patut berbangga.

Penggalan pernyataan di atas disampaikan oleh Wakil Presiden Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili, Minggu (14/02/2021).

Dalam konteks keberagaman itu, Menurut Wapres Ma’ruf Amin dibutuhkan upaya menciptakan kerukungan antarumat. Hal itu penting agar dapat menjaga keutuhan dan persatuan bangsa. 

 “Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga kerukunan antarumat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional, karena kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres). 

Masih dalam kesempatan  yang sama, Wapres  mendorong peran para pemuka agama untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. 

Peran para pemuka agama sangat penting, terang Wapres.  “Nasihat dan bimbingan pemuka agama akan memperkuat keyakinan dan kepatuhan umatnya tentang akibat apabila tidak menerapkan protokol kesehatan,” jelas Wapres menambahkan.

Tidak lupa, Wapres mengaharapkan dukungan MATAKIN dan seluruh umat Konghucu untuk memberikan dampak yang berarti bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. 

Wapres pun optimis bangsa Indonesia mampu menghadapi masa sulit dan mampu bangkit dari pandemi ini. 

“Saya percaya, tutur Wapres,  dengan semangat dan usaha yang terbaik, diiringi doa, serta inovasi dan kreativitas, kita dapat melewati masa sulit ini serta dapat kembali membangun Indonesia yang lebih baik,” ujarnya. 

Menutup sambutannya dalam acara yang mengangkat tema “Doa Untuk Indonesia” tersebut, Wapres menyampaikan ucapan selamat tahun baru Imlek ke-2572 dengan harapan adanya pandemi tidak mengurangi kekhidmatan perayaan serta agar tahun yang baru ini dapat menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

“Selamat Hari Raya Tahun Baru Imlek ke-2572 kepada umat Khonghucu. Semoga perlindungan dan berkah Yang Maha Kuasa, serta upaya membersihkan hati, menyucikan nurani, dan berusaha supaya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tutup Wapres. 

Berita diringkas dari setkab.go.di

Penulis: Yustinus Suhardi Ruman