CBDC Binus University Jakarta Sepakati Kerjasama Riset dengan Faculty of Mechanical and Manufacturing Engineering Technology Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)

By: Laporan Kartika Yulianti

Pada hari Kamis, 28 Januari 2021 dari pukul 10:00-11:00 WIB telah dilakukan pertemuan melalui Zoom antara tim Penelitian Internasional Binus (PIB) Character Building Development Center (CBDC) Binus University yang diketuai oleh Dr. Arcadius Benawa dengan tim dari Faculty of Mechanical and Manufacturing Engineering Technology Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) yang dipimpin oleh Dr. Ihwan Ghazali.

Pada pertemuan ini, dari pihak UTeM hadir pula 2 (dua) pimpinan fakultas yaitu Dekan, Associate Professor Ts. Dr. Umar Al-Amani Bin Hj. Azlan dan Deputy Dean Academic, Associate Professor Ts. Dr. Wan Hasrul. Sementara itu, dari pihak Character Building Development Center (CBDC) Universitas Binus, yang menghadiri pertemuan ini antara lain Dr. Frederikus Fios selaku Program Manager, ibu Murty M. Pane, S.T., M.Si selaku Research Coordinator dan ibu Kartika Yulianti, Ph.D yang berperan sebagai fasilitator kedua tim sekaligus Faculty Member Subject Content Coordinator (FM SCC) CBDC Binus.

Pertemuan ini dimulai dengan kedua pihak memperkenalkan institusinya, masing-masing diwakili oleh Dr. Fios dari CBDC dan Dr. Umar dari UTeM.

Setelah itu, Dr. Ari memaparkan konsep proposal PIB-nya yang berjudul “Pendidikan Nilai di Universitas Bina Nusantara dan Universiti Teknikal Malaysia Melaka”.

Pihak UTeM menyambut dengan baik rencana penelitian ini. Setelah pemaparan dari Dr. Ari, Dr. Ihwan dari pihak UTeM menjelaskan posisi dan perannya dalam PIB ini. Usulan menarik datang dari Dr. Wan Hasrul agar penelitian ini lebih kontekstual pada kondisi pandemic COVID-19, sehingga focus penelitiannya menjadi pendidikan nilai di tengah pandemic COVID-19 di Universitas Bina Nusantara dan UTeM.

Selain membahas rencana PIB ini, pada pertemuan ini kedua tim juga membahas peluang kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua universitas ke depannya.

Follow-up dari pertemuan ini adalah kedua pihak akan menyiapkan Letter of Agreement (LoA) untuk mengesahkan penelitian kolaborasi ini. Semoga penelitan ini dapat berjalan dengan baik dan kerja sama kedua pihak dapat berlanjut ke depan.