Menjadi Seorang Mentor

Jamson Siallagan (D5050)

Mentoring adalah pengalaman relasional yang melaluinya seseorang memberdayakan orang lain dengan berbagai sumber daya yang dimiliki. Dalam ilmu kepemimpinan, mentoring terutama dipandang sebagai sebuah proses mengembangkan bawahan, pengikut atau orang yang berjalan bersama anda. Hal ini merupakan proses yang berpusat pada suatu hal yang luhur, dimana kita menularkan kebijaksanaan kita, sebagai pemimpin, yang didapatkan dari berbagai pengalaman nyata dan teladan gaya hidup peimipin serta berbagai ketrampilan kepemimpinan kepada orang lain.

Seseorang tergerak  menjadi mentor bagi orang lain dapat didorong oleh pengalaman dari  sebuah hubungan positif dengan seorang  mentor dan merasa mendaptkan suatu manfaat atau rahmat. Kematangan dan kebijaksanaan dalam diri seorang pemimpin memampukan dia untuk mengenali potensi-potensi laten dalam diri orang lain.

Mentor seperti seorang bidan yang dengan sabar menolong seorang ibu melalui berbagai tahap dalam proses melahirkan. Kebahagiannya dalah ketika seorang bayi dilahirkan dengan selamat.Seorang bidan menempatkan dirinya sebgai pelayan dan sekaligus membimbing dengan tegas agar sang ibu berhasil melahirkan sang bayi dengan selamat.

Seorang mentor hendaknya memandang dirinya sebagi seorang yang melayani hidup ini untuk mengasuh seorang anak manusia dan memimpin dia kepada ketrampilan yang lebih baik, karakter-karakter yang lebih dewasa. Ia berbeban untuk melihat orang lain bertumbuh secara spiritual, emosional, dan social.