Manajemen Waktu

Jamson Siallagan (D5050)

Waktu adalah hidup kita, maka ketika  mengontrol atau mengelola  waktu kita sama dengan mengontrol hidup kita.

Dalam manajemen waktu kita harus memiliki prioritas. Kita perlu belajar menggunakan prioritas tersebut untuk menghasilkan rencana untuk meningkatkan kehidupan. Kita tidak dapat mengatur waktu kita tanpa mendefinisikan prioritas kita dengan jelas. Kita harus menjadwalkan apa yang paling penting terlebih dahulu, atau kita hanya didorong oleh  hal mendesak dan terus-menerus yang datang pada kita setiap harinya. Menguasai manajemen waktu berarti menetapkan prioritas karena tidak pernah ada cukup waktu untuk melakukan segalanya, makanya kita butuh perencanaan.

Kita  membutuhkan rencana jangka panjang, rencana tahunan dan rencana harian. Merencanakan waktu bukan sekedar  mengisi setiap momen dengan kesibukan kerja, melainkan mengatur waktu kita untuk apa yang penting. Merencanakan cara menggunakan waktu memungkinkan  bekerja jauh lebih efisien daripada memikirkannya sambil jalan. Apa yang kita  direncanakan dapat  terjadi, karena perencanaan mengarah pada tindakan.  

Untuk mengimplementasikan  apa yang kita  rencanakan membutuhkan motivasi, fokus dan ketekunan yang konstan. Untuk memilih yang benar-benar penting, kita harus bertindak bijak, bukan hanya focus  terhadap hal-hal mendesak yang datang pada kita.

Waktu itu sangat singkat dan tidak bisa diputar mundur kembali,  sehingga  kita harus melihat betapa  pentingnya mempraktikkan prioritas dan rencana kita.