SDM Unggul dalam Menghadapi Era Globalisasi

Oleh: Ramot Peter, S.Pd., M.Th

Jurusan : Character Building

Persaingan ketat dalam era globalisasi sudah tidak dapat terelakkan sehingga semua dimensi, semua golongan masyarakat dan dunia terlibat di dalamnya. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Indonesia perlu mempersiapkan masyarakat berkualitas unggul dengan melibatkan dunia pendidikan. Pendidikan merupakan sarana paling tepat untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul, baik melalui jalur formal maupun non-formal. Kebutuhan terhadap pendidikan yang bermutu merupakan tuntutan terhadap kemajuan suatu bangsa di tengah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini. Suatu bangsa yang tidak menguasai IPTEK akan terlindas dan tertinggal dalam persaingan global yang begitu keras dan ketat.

Mengingat pentingnya peranan pendidikan dalam mempersiapkan masyarakat unggul pada era globalisasi, maka perlu strategi pengembangan SDM melalui strategi pelatihan dan pengembangan (learning and development/ L&D strategy) yang berpegang dan bertumpu pada landasan pendidikan yang kuat. Pendidikan merupakan usaha yang dilandasi kesadaran dan terencana untuk menciptakan proses pembelajaran dan suasana belajar. Untuk pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan tentu harus didukung pula dengan sistem pendidikan dan strategi pengembangan kompetensi yang baik pula. Untuk pencapaian kompetensi tersebut, penyelenggara pendidikan perlu membangun strategi pengembangan SDM melalui pelatihan dan pengembangan yang perlu ditangani secara serius dan berkesinambungan.

David Hayden dalam sebuah artikel pada CIPD (2018) mengatakan: β€œA learning and development strategy outlines how an organisation develops its workforce’s capabilities, skills and competencies to remain successful. It’s an important part of an organisation’s overall business strategy and its policies”, artinya betapa pentingnya L&D strategy sebuah organisasi harus dikembangkan karena sangat berpengaruh untuk keberhasilan sebuah organisasi dalam menghadapi persaingan global.