Pancasila, Ideologi Bangsaku

Oleh: Raka Koyosaki (Mahasiswa Binus University Jakarta)

Hingga masa kini, Pancasila merupakan suatu ideologi yang dihayati oleh semua rakyat Indonesia. Berdasarkan KBBI, ideologi merupakan berbagai konsep pemikiran, paham, teori, maupun tujuan yang dipakai sebagai suatu pemberi arah dan tujuan untuk kelangsungan suatu negara.

Pancasila secara historis diusulkan oleh I.R. Soekarno pada 1 Juni 1945 di dalam pertemuan BPUPKI yang bertujuan untuk merumuskan sebuah dasar negara yang sesuai untuk Bangsa Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia, pada 18 Agustus 1945, Pancasila dipakai sebagai dasar negara. Sesuai dengan pembukaan UUD 1945, Pancasila dinyatakan sebagai sumber dari segala hukum, dan sebagai petunjuk arah semua kegiatan pada segala bidang.

Selain itu, Pancasila juga merupakan Ideologi Bangsa Indonesia. Berdasarkan Kompas, Pancasila sebagai Ideologi negara merupakan pemersatu Bangsa Indonesia untuk suatu tujuan, yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, merdeka, berdaulat, dan bersatu.

Pancasila sebagai tujuan Bangsa Indonesia merupakan hal yang mempersatukan Indonesia, sehingga dapat membentuk masyarakat yang adil, makmur, merdeka, berdaulat dan bersatu. Tanpa adanya Pancasila, Indonesia tidak dapat mempersatukan rakyatnya oleh karena berbagai latar belakang suku, ras, agama dan bahasa.

Bila persatuan tersebut tidak ada, maka Indonesia tetap akan terpecah belah dan akan terjadinya berbagai isu SARA. Ideologi Pancasila merupakan pemersatu, dan tanpa adanya ideologi yang sesuai dengan latar belakang Indonesia yang memiliki berbagai macam kultur, maka Indonesia tidak dapat bersatu dan damai. Pancasila itu mempersatukan kita bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan sebuah ideologi yang mempersatukan rakyatnya, dan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut, diperlukan upaya yang mempersatukan rakyatnya. Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan untuk terjadinya persatuan rakyat dari berbagai macam kultur dapat menjadi langkah untuk terbentuknya rakyat yang lebih tolerir terhadap rakyat lain dengan ras, agama, suku, dan kultur yang berbeda.


Referensi:
Gischa, Serafica.2020. 9 Fungsi Pancasila di Indonesia. https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/05/193000769/9-fungsi-pancasila-di-indonesia?page=all . Diakses pada tanggal 23 September 2020 dari web.