NORMA YANG BERSUMBER DARI NILAI MASYARAKAT

by : Adie Erar Yusuf

Secara umum dapat dikatakan nilai adalah sesuatu yang dianggap baik atau buruk di masyarakat, sedangkan norma adalah aturan yang berlaku di masyarakat. Adapun norma dibentuk berdasarkan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dalam rangka  mewujudkan nilai-nilai yang ada. Sehingga nilai dan norma saling berhubungan dan penting bagi ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat. Nilai atau value merupakan  ukuran, patokan, anggapan, keyakinan dari sekelompok masyarakat  mengenai benar-salah, pantas-tidak pantas, luhur-hina, indak-tidak indah, baik-tidak baik dan penting-tidak penting untuk dikerjakan atau dilaksanakan. Nilai sesuatu yang berguna dan baik yang dicita-citakan dan dianggap penting oleh masyarkat. Sesuatu dikatakan memiliki nilai, bila memiliki kegunaan, kebenaran, keindahan, kebaikan dan religiusitas.

Agar nilai-nilai dalam masyarakat bisa terwujud, maka masyarakat membuat norma-norma. Norma merupakan ketentuan yang berisi perintah-perintah dan larangan-larangan yang harus dipatuhi warga masyarkat demi terwujudnya nilai-nilai. Dengan demikian, norma-norma itu bersumber pada nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Misalnya masyarakat menginginkan nilai kesopanan dibuat etiket. terciptanya nilai ketertiban dan kedisiplinan dibuat tata tertib. Jadi norma-norma dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan nila-nilai.

Dalam kenyataannya, nilai dapat berbentuj  nilai individual dan nilai sosial. Apabila  sesorang mengembangkan perasaannya sendiri yang berbeda dengan perasaan orang lain disebut nilai individual. Sedangkan, nilai-nilai yang dianut oleh sebagian besar warga masyarakat dinamakan nilai sosial. Kita semua hendaknya menghormati baik nilai individual maupun nilai sosial.

REFERENSI

Tim CBDC (2019), Character Building Kewarganegaraan  (Char6014), Character Building Center (CBDC) Universitas Bina Nusantara

Norma Yang Bersumber Dari Nilai Yang dianut Masyrakay. Diakses tanggal 1 September 2020 di https://www.dosenpendidikan.co.id/norma-dalam-masyarakat/