Mengatasi rasa bosan di dalam bekerja

by : Nikodemus Thomas Martoredjo

Hampir semua orang pernah merasakan malas atau bosan di dalam bekerja. Jadi tidak perlu kuatir bahwa semua orang pernah dihinggapi atau mengalami hal tersebut. Akan tetapi jika perasaan ini terus dipelihara dan terlanjur terus membayangi maka akan memberikan dampak yang sangat besar bagi diri sendiri maupun perusahaan tempat bekerja. Dampak yang paling buruk dapat terjadi yaitu produktivitas akan semakin menurun dan kualitas pekerjaan akan semakin rendah. Akibatnya perusahaan dapat melakukan teguran dari tingkat yang paling ringan sampai pada pemecatan secara tidak hormat apabila dinilai sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Penting bagi seorang pekerja untuk menyadari tentang hal-hal yang dapat mungkin menyebabkan timbulnya perasaan malas dalam bekerja, seperti misalnya tempat bekerja yang tidak kondusif, suasana kantor yang membosankan, kurang tantangan, masalah rekan atau pimpinan dan lain sebagainya. Banyak faktor yang dapat menjadi pemicu timbulnya perasaan bosan ini. Namun beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mengusir rasa malas atau bosan tersebut sebagai berikut.

1. Berhenti menunda pekerjaan.

Salah satu kebiasaan buruk kebanyakan orang yang bekerja adalah sering menunda pekerjaan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan malas ketika melihat banyak tugas yang sudah banyak dan menumpuk. Jika sudah menumpuk maka sudah sulit dan berat untuk dapat memulai dari mana pekerjaan akan diselesaikan. Oleh karena itu tidak ada cara lain untuk mencoba untuk menyelesaikan tugas satu per satu dan sesegera mungkin. Bila perlu tetapkan target yang dapat menantang diri agar anda tidak mudah merasa bosan dalam bekerja.

2. Ungkapkan permasalahan kepada rekan maupun atasan.

Setiap masalah akan terasa lebih ringan apabila dapat dibicarakan dengan orang lain. Jika menghadapi masalah dalam bekerja, usahakan untuk membagi permasalah itu kepada rekan maupun atasan, sehingga akan terasa lebih lega dan bisa jadi permasalahan dapat diatasi dan menguntungkan semua pihak.

3. Mendengarkan musik.

Bila sedang dilanda malas, baik untuk rehat sejenak dan menggerakkan badan sambil mendengarkan lagu-lagu favorit yang disenangi. Musik-musik yang menyenangkan dapat  membuat tubuh bergoyang dan memperrlancar aliran darah yang pada gilirannya akan menjadi  penyemangat dalam bekerja.

4. Istirahat yang cukup.

Salah satu faktor yang dapat menimbulkan perasaan malas adalah kelelahan karena kurang istirahat yang cukup. Saat merasa lelah, semangat kerja pun pasti akan mudah menurun. Jangan pernah memaksakan tubuh untuk bekerja melebihi batas. Istirahatkan tubuh dengan cukup, terutama di malam hari. Karena pada saat ini, seluruh organ tubuh akan melakukan revitalisasi kondisi.

Yang penting disadari dan diakui rasa bosan tersebut. Sebagai manusia tentu ada titik dimana terasa adanya kejenuhan atau rasa bosan. Namun tidak perlu berkecil hati dan berputus asa karana itu merupakan hal alami sebagai makluk organik. Setelah menyadari kemudian ditemukan solusi tepat untuk dapat mengatasi persoalan itu. Dengan demikian kejenuhan tidak menjadi beban yang menambah permasalahan hidup yang dijalani, dengan tetap semangat dan produktif