Ikhtiar Melestarikan Ideologi Pancasila

Oleh: Rendy Okvian (Mahasiswa Binus University Jakarta)

Apa itu ideologi? Ideologi adalah kumpulan concept terabstrak yang berfungsi sebagai landasan atau arahan bagi individu atau kelompok(1).

Setelah dijajah oleh berbagai negara dan memiliki rasa kesatuan antar seluruh penduduk indonesia, Indonesia sebagai negara mermelukan suatu landasan atau tujuan untuk memersatukan rakyatnya.

Di Amerika permesatu atau landasan ideologinya adalah “founding document”, kalau di Indonesia pemersatunya atau landasan ideologinya adalah Pancasila.

Setelah zaman penjajahan, fungsi pancasila tetap berjalan di Indonesia. Sebagai dasar negara Indonesia, tujuan Negara Indonesia, dan dasar dari roda kerja pemerintahan republik Indonesia

Nasib Negara Indonesia Jika tanpa ada ideologi pancasila akan seperti apa? Skenario tersebut akan susah kebayang. Namun kemungkinan besar akan banyak konflik akibat perbedaan yang besar di dalam Negara Indonesia.

Indonesia akan tetap ada, walau ideologi pancasila tidak ada. Rakyat indonesia pernah bersatu di masa lalu karena mereka ingin mewujudkan cita-cita bangsa seperti yang ada dalam pancasila.

Pada tahun 1928 Indonesia telah bersatu di mana semua representatif dari setiap wilayah bersatu untuk menghadapi penjajahan Belanda dan mencapai 3 persetujuan, yakni 1 bangsa, 1 bahasa, 1 tumpah darah melalui Sumpah pemuda menurut Ricklefs[2].

Salah satu contoh yang mirip dengan bebasnya Indonesia adalah revolusi di Amerika di mana koloni di Amerika bersatu dan membebaskan diri dari Kerajaan Inggris. Ini disebabkan oleh opresi pemerintahan kolonial Ingriss.

Kemungkinan besar jikalau pancasila tidak ada, Indonesia akan bersatu dengan ideologi berbeda seperti liberalisme dari Amerika serikat melalui Jepang, ditandai dengan kepedulian Amerika terhadap negara Indonesia untuk tidak menjadi negara komunis dengan bantuan dana saat zaman PKI tahun 1965[3].

Secara singkat permesatuaan Indonesia bukanlah karena pancasila, namun karena operasi dari penjajahan negara luar. Dan jikalau pancasila tidak ada, maka Indonesia akan bersatu dengan landasan Ideologi yang lain.
Namun bagaimana pun juga sebagai warga negara Indonesia, kita semua warga negara Indonesia harus taat dan melestarikan ideologi Pancasila. Kita harus merawat dan menjaga Pancasila serta melestarikan Pancasila dalam hidup nyata kita sehari-hari, sehingga tercipta situasi kedamaian di bumi Indonesia dan negara ini tetap ada dan bertahan dalam jangka panjang.

Contoh yang dapat dilakukan untuk melestarikan Ideologi Pancasila, salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah menjadi warga negara Indonesia yang baik. Menjadi warga negara yang baik itu mengamalkan Pancasila dari sila 1 sampai dengan sila ke-5. Percaya pada Tuhan, menghargai sesama manusia, menjaga persatuan bangsa, menghormati demokrasi (prinsip musyawarah), dan mengusahakan keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia.

Referensi
[1] Honderich, Ted (1995). The Oxford Companion to Philosophy. Oxford University Press.hal. 392 diakses pada 23 september 2020
[2] Rickfels(1982) hal.177 diakses pada 23 september 2020
[3] https://www.e-ir.info/2013/04/19/re-examining-us-intervention-and-manipulation-in-1965-indonesia/ paragraf 1. diakses pada 23 september 2020