CBDC Binus University Lakukan Riset Bersama Montgomery College, USA

Doktor Gadis Effendi, Montgomery College

Profesor Tara L. Tetrauld, Montgomerry College

Character Building Development Center (CBDC) Binus University Jakarta, telah bersepakat dengan Montgomery College (MC), Amerika Serikat untuk melakukan penelitian international bersama dalam topik yang berkaitan dengan bidang etika lingkungan, sosiologi lingkungan, dan local indigenous culture.

Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah letter of agreement (LoA) tertanggal 9 Juli 2020 yang dikirimkan oleh pihak Montgomery College (MC) kepada Tim peneliti CBDC yang ditandatangani oleh Doktor Tara L. Tetrauld, MMA, MA dan Doktor Gadis Effendi dengan alamat lengkap surat menyurat tertera Department of Sociology, Anthropology, and Criminal Justice, Montgomerry College, Takoma Park, Silver Spring, USA.

Tim peneliti dari CBDC yang terlibat dalam kerjasama penelitian ini antara lain: Doktor Frederikus Fios (Ketua), Benny S.Kom., S.Dt.B., M.Pd., dan Nikodemus Thomas Martoredjo, SS., MM. Judul penelitian yang ditawarkan kepada MC yakni: “Konsep Etika Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Belu-Indonesia dan Bobonaro-Timor Leste”. Kedua belah pihak telah setuju untuk melakukan penelitian bersama ini selama 1 tahun dan diharapkan akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami akan datang berkunjung ke Binus University khususnya CBDC bersama dosen dan mahasiswa kami. Kami berencana usai covid 19 kami bisa ke CBDC di tahun 2021 atau 2022 untuk juga membawakan seminar di Binus”, kata Doktor Gadis melalui pesan whatsapp yang dikirimkan kepada Doktor Frederikus Fios belum lama ini.

Frederikus Fios