CBDC Binus Riset Bersama Kampus Amerika Serikat

Dr. Gadis Arivia, Montgomery College, USA
Dr. Tara L. Tetrauld, MAA., MA , Montgomery College, USA

Dua ilmuwan asal Amerika Serikat yakni Doktor Gadis Arivia dan Doktor Tara Tetrauld yang merupakan dosen dan peneliti pada Montgomery College (MC), USA telah menyatakan persetujuan mereka untuk bergabung bersama tim peneliti Character Building Development Center (CBDC) Binus University untuk melakukan penelitian internasional bersama dalam topik yang berkaitan dengan etika lingkungan, sosiologi lingkungan dan indigenous culture di Indonesia.

Persetujuan MC ini dikirimkan melalui sebuah letter of aggreement (LoA) tertanggal 9 Juli 2020 yang diterima Manager Character Building Development Center (CBDC) Doktor Frederikus Fios. LoA ditandatangani oleh Doktor Gadis Arivia dan Doktor Tara Tetrauld yang dalam LoA beralamat lengkap di Department of Sociology, Anthropology, and Criminal Justice Montgomery College, Takoma Park, Silver Spring, USA.

Tim peneliti CBDC yang diketuai oleh Dr. Frederikus Fios bersama Benny S.Kom., S.Dt.B., M.Pd dan Nikodemus Thomas Martoredjo, SS., MM mengajukan proposal dengan judul “Environmental Ethics based on Local Indigenous Society in Belu-Indonesia and Bobonaro-Timor Leste”.

Lamanya penelitian ini akan berlangsung selama 1 tahun dan dapat diperpanjang lagi untuk beberapa tahun ke depan oleh kedua belah pihak.

“Kami akan berkunjung ke Binus University khususnya ke Unit CBDC usai Covid 19 ini. Saya akan bersama dengan beberapa dosen dan mahasiswa MC berkunjung ke Indonesia dan jika memungkinkan kita dapat melakukan seminar bersama di CBDC Binus”, kata Doktor Gadis.