KEHIDUPAN YANG DIGERAKKAN OLEH TUJUAN

By : Jamson Siallagan

 “Jalani hidup bagaikan air yang mengalir” tidak selalu bermakna secara positif, karena mengikuti arah ke tempat yang rendah. Ikut saja berarti tidak memiliki tujuan hidup. Sangat berbahaya jika tidak memiliki tujuan hidup. Dr. Victor Frankle (terapis) mengatakan bahwa tanpa makna dan tujuan hidup manusia akan mengalami gangguan kesehatan jiwa, tidak ada keseimbangan jiwa, seperti daun yang ditiup angin. Contoh: mereka yang gampang direkrut jadi terrorist adalah mereka yang belum memiliki tujuan, menjadi pelaku bom bunuh diri, karena ada gangguan psikologis yang serius. Contoh lain, saya mengenal seorang saudara memiliki tujuan hidup untuk menyenangkan ayahnya. Begitu ayahnya meninggal dia kehilangan tujuan hidup. Akhirnya dia merampok, menggunakan narkoba, dan akhirnya bunuh diri.

Kesehatan jiwa sangat dipengaruhi oleh tujuan hidup, sebab tujuan hidup memandu pola fikir dan perilaku kita. Tujuan yang baik memandu ke arah yang baik atau sebaliknya.

Contoh:  jika tujuan hidupnya adalah kesenangan, maka ia akan melakukan apapun untuk memuaskan diri.

Apa tujuan hidup kita?  Saya pernah ajukan pertanyaan ini kepada mahasiswa Binus dan mendapai beberapa jawaban, antara lain:

  1. Menjadi orang yang sukses di bidang IT, Animasi, Hukum, dsb.
  2. Menjadi orang yang sangat kaya raya.
  3. Menyenangkan orang tua, membuat mereka bangga dan naik haji
  4. Bahagia dunia dan akhirat

Apakah jawaban tersebut merupakan tujuan hidup yang tepat dan benar?  Dalam Bahasa Inggris ada kata Ojective, Goal, Purpose   yang terjemahannya sama, yaitu tujuan, tapi penggunaan dan maknanya berbeda.  Objective: tujuan yang terperinci dan jelas, sederhana. mis Giat belajar untuk dapat nilao 100. Giat bekerja dengan tujuan agar dapat banyak uang. Goal: tujuan yang umum dan luas, contoh menjadi orang sukses.  Purpose: alasan dari tujuan atau tujuan yang memiliki alasan yang kuat. Tujuan yang memiliki nilai yang dalam. Misalnya berguna bagi bangsa dan Negara. Goalnya: menjadi anggota DPR, Objectivenya: kuliah dengan benar di Fakultas Sosial Politik.

Jadi tujuan hidup kita harus memiliki ketiganya, purpose, goal, dan objektif. Tujuan tersebut harus dipikirkan dan dirancang sedemikian rupa yang akan menggerakkan hidup kita.

  1. Mengetahui tujuan dapat memberi arti hidup bagi kita.

Arti hidup kita tidak diciptakan sendiri, tetapi cara pandang Allah yang dinyatakan dalam kitab suci.  Manusia yang memiliki potensi sebagai gambar dan rupa Allah.

  • Mengetahui tujuan akan menyederhanakan hidup kita.

Kita bisa menetapkan apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak perlu kita lakukan.

  • Mengetahui tujuan membuat hidup kita lebih focus. Kita melupakan apa yang di belakang yang tidak penting dan mengarahkan pandangan pada apa yang di depan yang sangat penting dalan hidup kita.
  • Mengetahui tujuan dapat memberi motivasi bagi kita.

Tujuan hidup memberikan passion atau gairah. Tidak ada yang bisa memotivasi kita sekuat tujuan.

  • Mengetahui tujuan berarti mempersiapkan diri menuju masa depan.

Kita akan terus focus pada masa depan yang memang kita akan sampai disana. Dengan tujuan memastikan kita akan menikati masa depan yang indah.